kievskiy.org

Deretan Kiper Legendaris Persib, Deden Natshir Berikutnya?

PENAMPILANNYA sepanjang Liga 1 musim 2017 membuktikan bahwa Deden Natshir telah menjelma menjadi salah satu kiper terbaik di tanah air. Terlebih, dengan catatan 9 dari 12 laga tanpa kebobolan yang ia pegang.

Catatan itu melebihi seniornya, I Made Wirawan yang hanya mencatat 3 clean sheet di musim yang sama. Namun, I Made Wirawan juga tetap merupakan salah satu kiper terbaik dalam skuad Maung Bandung saat ini.

Berbicara soal kiper, Maung Bandung memang tak pernah kekurangan talenta terbaik. Selain rekrutan dari luar yang tampil baik, sejumlah jebolan diklat Persib pun sudah banyak yang menjadi andalan timnya di bawah mistar.

Beberapa di antaranya adalah Andritany Ardhiyasa (Persija), Shahar Ginanjar (Barito Putera), M Ridwan (Semen Padang), Dikri Yusron (Sriwijaya FC), dan sederet nama lain. Namun jangan lupa juga bahwa Maung Bandung pernah memiliki nama-nama kiper tangguh lain yang meraih kejayaan pada masanya.

Salah satu kiper legendaris itu kini menukangi tim Persib sebagai asisten pelatih kiper. Dia adalah Anwar Sanusi yang membawa Maung Bandung meraih titel juara Liga Indonesia pertama kali pada tahun pertama gelarannya, Liga Indonesia I tahun 1994.

Tak hanya itu, Anwar Sanusi tercatat 11 kali tampil di level Asia bersama Maung Bandung. Di  antaranya adalah 6 penampilan di Liga Champions Asia 1995-1996.

Selain itu, masih ada sejumlah nama lain yang pastinya juga tak akan pernah dilupakan bobotoh. Bobotoh berharap, Deden Natshir pun bisa terus konsisten dan membawa Maung Bandung kembali juara serta menjadi kiper legendaris Maung Bandung berikutnya.

Berikuat ini beberapa kiper legendaris Persib:
1. Simon Hehanusa (juara Kompetisi Perserikatan 1961)
2. Sobur (juara Kompetisi Perserikatan 1986)
3. Boyke Adam (juara Kompetisi Perserikatan 1986)
4. Samai Setiadi (juara Kompetisi Perserikatan 1990)
5. Aris Rinaldi (juara Kompetisi Perserikatan 1994)
6. Anwar Sanusi (juara Liga Indonesia I 1994)
7. I Made Wirawan (juara LSI 2017, juara Piala Presiden 2015)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat