kievskiy.org

Alasan Mario Gomez Mengacak-acak Formasi Persib

SELAIN suasana baru, datangnya Mario Gomez untuk menukangi Persib Bandung juga menghadirkan tugas baru untuk sejumlah pemain. Pasalnya, pelatih kelahiran Argentina tersebut doyan mengaca-acak formasi. Dalam artian, menukar posisi satu pemain dengan pemain lainnya. 

Hal seperti ini salah satunya dialami Supardi. Beberapa pekan terakhir, baik dalam pertandingan uji coba maupun simulasi permainan saat latihan, pemain bernomor punggung 22 itu didaulat sebagai sayap kanan. Padahal sejak lama, Supardi sudah dikenal sebagai salah satu bek kanan terbaik tanah air. Sebagai wingback, dia bahkan masyhur karena duet kompaknya dengan sayap kanan M Ridwan saat keduanya berada dalam satu tim, termasuk mereka memperkuat Persib Bandung.

Saat Supardi digeser ke depan menjadi sayap kanan, posisi wingback kanan dipercayakan pada Henhen Herdiana.  Sampai saat ini, dalam beberapa sesi latihan, Supardi dan Henhen kerap terlihat bekerja sama untuk meningkatkan chemistry satu sama lain. Baik dalam membangun serangan ke area flank lawan, maupun menjaga sisi kanan pertahanan.

Mario Gomez mengakui bahwa penempatan pemain bukan di posisi awalnya, merupakan bagian dari rencana. Dia pun menyebut, tugas yang sama tidak hanya diberikan pada Supardi, melainkan banyak pemain lain di Persib. "Ya, karena ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemain itu sendiri," kata Mario Gomez usai sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa, 6 Maret 2018. 

Multiposisi

Mario Gomez bahkan berharap, skuat Persib musim ini diisi oleh para pesepak bola multifungsi. Artinya, para pemain bisa ditempatkan di banyak posisi berbeda. 

Selain untuk kebutuhan taktik, pemain multiposisi juga sangat berguna saat pemain lain tak bisa tampil. Baik karena cedera maupun akumulasi kartu. Apa lagi, musim 2018 dipastikan lebih berat dari musim-musim sebelumnya. Itu karena pada musim ini akan ada dua kompetisi yang bergulir bersamaan, yakni Liga 1 2018 dan Piala Indonesia 2018. 

"Mungkin dia (Supardi) suatu hari akan bermain di sisi kanan, mungkin di hari lainnya akan di sisi kiri, lapangan tengah, bahkan menjadi bek tengah dalam suatu pertandingan. Selalu bisa berganti," kata Mario Gomez. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat