kievskiy.org

Eka Ramdani, 'Balada Gitar Tua'

Biografi
Nama: Eka Ramdani
Lahir : 18 Juni 1984
Tinggi: 165 sentimeter
Posisi: Gelandang 
Nomor punggung: 80
Klub sebelumnya: Persela Lamongan

Eka Ramdani memang bukan nama baru di Persib, karena ia memang memulai karir sepak bola junior dan seniornya di Kota Kembang. Perjalanan Eka di Persib cukup unik dan bahkan bisa digambarkan dengan beberapa judul film Rhoma Irama.

Pertama kali Eka memperkuat Persib sebagai "Darah Muda" berusia 16 tahun pada 2000 hingga 2003. Namun ia harus "Berkelana I" ke Persijatim pada 2003-2005.

Pengembaraan Eka berakhir pada 2005 dan pemain yang akrab disapa Ebol ini kembali memperkuat Maung Bandung selama hampir 6 musim. Namun sejumlah faktor membuat ia kembali harus tersisih dan "Berkelana II" ke klub lain pada 2011.

Kali itu, merupakan petualangan terlama bagi Eka di luar Persib. Bahkan ia sempat memperkuat sejumlah tim mulai dari Persisam Samarinda, Pelita Bandung Raya, Semen Padang, Sriwijaya FC, hingga terakhir Persela Lamongan.

Kali ini, pemain lincah bertubuh mungil ini kembali ke Persib. Namun bagaikan "Gitar Tua", keberadaan Eka dalam skuad tim Pangeran Biru kali ini berstatus sebagai senior yang dibutuhkan pengalamannya.

Bobotoh sempat mengkritik langkah manajemen Persib yang kembali merekrut Eka dalam usianya yang sudah tak lagi muda. Namun pelatih Roberto Carlos Mario Gomez menegaskan bahwa Eka adalah pemain berpengalaman yang dibutuhkan tim.

Benar saja, Gomez memang tak menjadikan Eka sebagai tumpuan. Ia lebih sering dijadikan cadangan dan hanya diturunkan saat tim mengalami kebuntuan atau ketika Gomez butuh mengistirahatkan pemain andalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat