kievskiy.org

Kalahkan PS Tira, Persib Bertahan di Pucuk

PERSIB Bandung berhasil mempertahankan posisi di puncak klasemen sementara Liga 1 2018. Dalam pertandingan perdana putaran kedua, yakni melawan tuan rumah PS Tira, tim Pangeran Biru meraih kemenangan dramatis. Laga yang digelar di Stadion Sultan Agung, Yogyakarta, Senin, 30 Juli 2018 malam tersebut berkesudahan dengan skor 2-3 untuk kemenangan Persib. 

Sebagaimana biasanya, meski bertindak sebagai tim tamu, Persib Bandung bermain terbuka. Sejak menit awal, baik Pangeran Biru maupun tuan rumah PS Tira langsung memeragakan permainan ofensif. 

Bedanya, Persib Bandung lebih menekankan pada penguasaan bola terlebih dahulu. Setelah itu, Supardi dan kawan-kawan menyusun serangan dari bawah dengan berbagai variasi. Baik dengan mengandalkan kecepatan sektor sayap maupun ketajaman ujung tombak Jonathan Bauman yang ditopang Patrich Wanggai. 

Sementara PS Tira memilih mengusahakan efektivitas. Dengan penguasaan bola yang lebih sedikit, para pemain asuhan Nil Maizar ini berusaha sebisa mungkin membuat bola sampai dan mengancam gawang Persib. 

Dengan penguasaan bola yang lebih unggul, Persib Bandung lebih sering mengirim tekanan. Namun serangan yang dikirim tim kebanggaan bobotoh ini kerap buntu di sepertiga lapangan akhir. 

Peluang yang diperoleh Persib antara lain pada menit ke-8 lewat eksekusi Wanggai yang masih mengarah jauh ke atas gawang lawan. Juga tiga menit kemudian lewat tendangan bebas Oh In Kyun yang tak kalah melambung. Menit ke-17, Oh In Kyun kembali mendapatkan kesempatan untuk mengeksekusi tendangan bebas. Kali ini tepat mengarah ke sasaran, namun terlalu pas ke posisi kiper PS Tira. 

Dengan penguasaan bola yang lebih sedikit, PS Tira pun mampu beberapa kali mengancam gawang M Natshir. Termasuk pada menit ke-11 saat tendangan Rakic masih melenceng dari sasaran. 

Gol perdana di pertandingan ini akhirnya lahir untuk tuan rumah PS Tira pada menit ke-43. Bermula dari kemelut di depan gawang Persib, kiper Pangeran Biru, M Natshir yang terpincang-pincang dipaksa menahan bola yang mengarah ke tiang dekat. Kondisi tak ideal tersebut membuat bola justru terbawa ke dalam gawang. Wasit menyatakan gol bunuh diri. Skor 1-0 untuk PS Tira. 

Tak butuh waktu lama, Persib membalas pada waktu tambahan babak pertama. Tepatnya pada menit 45+2, umpan melambung Jonathan Bauman berhasil mendarat mulus di posisi Patrich Wanggai. Dengan dua kali kontrol bola, Wanggai mengirim tendangan keras yang tak mampu diblok oleh bek maupun kiper lawan. Gol ini membuat babak pertama berakhir dengan skor 1-1. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat