kievskiy.org

Tato Persib Bandung: Bukti Kesetiaan Bobotoh Seumur Hidup, Jangan Dikhianati

Tato lambang Persib Bandung di pundak Nurdin Supriyadi alias Kate.
Tato lambang Persib Bandung di pundak Nurdin Supriyadi alias Kate. /Pikiran Rakyat/Rio Rizky Pangestu

PIKIRAN RAKYAT - Ada empat tato Persib Bandung di tubuh Nurdin Supriyadi, masing-masing di pundak, dada, lengan kiri, dan perut. Namun, bagi pria yang biasa disapa Kate itu, tato Persib di pundaknya menjadi yang paling sering membuatnya merasa tak aman tatkala bepergian ke luar kota.

“Saya tidak menyesal, tetapi saya sering merasa kurang aman kalau pergi ke kota-kota lain, terutama ke daerah Jabodetabek. Soalnya, tato di pundak ini gak bisa tertutupi oleh pakaian. Makanya, saya sekarang sering pake buff kalau ke luar kota,” ucap Kate.

Kekhawatiran pria yang menggemari tinju itu tidak muncul dari ruang hampa. Kate bercerita, saat rivalitas antarsuporter Persib dan Persija masih panas, tato di pundaknya pernah menyebabkan nyawanya terancam dua kali.

“Yang pertama terjadi sekira 4-5 tahun lalu. Saya lagi menemani teman meliput turnamen Piala Thomas dan Uber di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Dari hotel menuju venue, kami harus jalan kaki. Di perjalanan, ada seseorang yang mungkin merasa terganggu dengan tato Persib di pundak saya. Dia lalu mengejar saya. Untung ada petugas keamanan yang sigap mengamankan waktu itu,” tutur Kate di markas Rumah Cemara, Gegerkalong, Kota Bandung, pada suatu sore yang cerah bulan Februari 2020.

Tato bertulisan 'Persib' dengan gaya font ala street art di lengan kiri Kate.
Tato bertulisan 'Persib' dengan gaya font ala street art di lengan kiri Kate.

Kejadian kedua terjadi di Mall Plaza Indonesia sekira 8 tahun lalu. Saat itu, Kate sedang berbelanja bersama saudaranya. “Di sana, saya berpapasan dengan orang yang mengenakan baju Persija. Anehnya, kami justru sama-sama panik. Akhirnya kami hanya saling memandang sambil canggung,” tutur Kate sembari tertawa.

Kini, rivalitas berlebihan antarsuporter Persib dan Persija sudah mereda dan tak lagi sepanas dulu. Kate tak lagi khawatir ketika menyambangi ibu kota dan sudah berteman dengan beberapa suporter Persija.

Tato tulisan '1933', tahun terbentuknya Persib, di dada Kate.
Tato tulisan '1933', tahun terbentuknya Persib, di dada Kate.

Baca Juga: Senandung Persib, Musisi dan Bobotoh Bertutur tentang Lagu-lagu Bertema Maung Bandung

Kate mulai menato tubuhnya dengan desain Persib pada 2004. Tato di perut bertulisan “Bobotoh Persib” merupakan tato pertamanya. “Alasan saya bikin tato Persib karena ingin ada sesuatu tentang Persib yang menempel di tubuh. Soalnya, waktu itu, saya sedang gila-gilanya ke Persib. Setiap hari saya selalu pakai baju Persib, sampai orang-orang di sekitar rumah juga tahu soal itu,” ujar Kate.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat