kievskiy.org

Hari Jadi Persib Bandung Boleh Berganti, Rasa Cinta Bobotoh Tak akan Mati

Dukungan bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 1 Maret 2020.
Dukungan bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 1 Maret 2020. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Nurdin Supriyadi tak mempersoalkan perubahan hari jadi Persib Bandung dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 kendati di dadanya ada tato permanen bertuliskan 1933. Namun, bobotoh yang biasa disebut Kate itu mempertanyakan urgensi riset pergantian hari jadi Persib Bandung itu.

"Naha di saat ayeuna nuju aya miskomunikasi antara bobotoh jeung manajemen (Kenapa pergantian hari jadi itu dilakukan saat sekarang sedang ada miskomunikasi antara bobotoh dengan manajemen). Ketika sekarang tidak berjalan beriringan, kenapa seperti ada sesuatu yang ingin mereka lakukan dengan mengeluarkan hasil riset itu. Kenapa (riset diumumkan) tidak ketika riset itu sudah selesai, dan ketika hubungan bobotoh dan manajemen tidak baik?" kata Kate, saat dihubungi Pikiran Rakyat, Rabu, 27 Desember 2023.

Kiper timnas Indonesia di Homeless World Cup Cardiff 2019 itu pun bertanya-tanya dengan keputusan manajemen mempublikasikan hari jadi Persib Bandung itu. "Aya masalah naon sih? Meni sakituna, ayeuna mah mending fokus nuju di trek juara yeuh Persib teh. Mending fokus kadinya weh heula, kumaha carana si bobotoh sareng manajemen teh sajalur deui (Ada masalah apa sih? Sampai segitunya, sekarang lebih baik fokus karena Persib sedang ada di jalur juara. Lebih baik fokus ke situ dulu, bagaimana caranya bobotoh dan manajemen kembali di jalur yang sama)."

1933 bagian dari sejarah

Tato tulisan '1933', tahun terbentuknya Persib, di dada Kate.
Tato tulisan '1933', tahun terbentuknya Persib, di dada Kate.

Dia berujar, apa pun yang terjadi dengan klub kesayangannya itu, tato 1933 di dadanya tak akan dihapus lantaran merupakan bagian dari sejarah. Sembari tertawa, Kate mengatakan, akan merajah tubuhnya dengan tato hari jadi Persib yang lain.

Kecintaannya terhadap Persib Bandung sudah mendarah daging. Dia tak ambil pusing dengan perubahan hari jadi klub berjuluk Maung Bandung itu lantaran permasalahan serupa kerap menguap dengan sendirinya bila Persib juara. "Euforia dulu, nanti ketika sudah terpuruk, kembali lagi muncul."

Kritikan bobotoh karena kecintaan murni terhadap Maung Bandung. Persib juga bukan cuma klub sepak bola bagi bobotoh, ada keterikatan emosi yang tidak diciptakan, tapi datang dengan sendirinya.

Selain itu, Maung Bandung bagi Kate merupakan sarana hiburan melemaskan ketegangan selama menjalani aktivitas sehari-hari. Kendati hasratnya menonton sepak bola telah berkurang usai adanya bobotoh yang meregang nyawa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Tragedi Kanjuruhan, tetapi rasa penasarannya terhadap Persib tetap hidup.

Tato lambang Persib Bandung di pundak Nurdin Supriyadi alias Kate.
Tato lambang Persib Bandung di pundak Nurdin Supriyadi alias Kate.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat