kievskiy.org

Tuah Angka 4 Bagi Maung Bandung, Persib Raih Gelar pada 1994, 2014, dan Selanjutnya di 2024?

 Angka 4 bisa jadi merupakan angka keberuntungan bagi Persib Bandung. Dalam sejarahnya, tahun berakhiran angka 4, Persib sukses jadi juara
Angka 4 bisa jadi merupakan angka keberuntungan bagi Persib Bandung. Dalam sejarahnya, tahun berakhiran angka 4, Persib sukses jadi juara /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Angka 4 bisa jadi merupakan angka keberuntungan bagi Persib Bandung. Dalam sejarahnya, di tahun yang berakhiran angka 4, Persib sukses menjadi juara di Liga Indonesia. Namun, pelatih Bojan Hodak menegaskan bahwa dirinya mengabaikan catatan tersebut dan lebih fokus pada persiapan tim untuk pertandingan-pertandingan ke depan.

"Sejujurnya saya tak mau memikirkan itu, bagi saya ini tidak penting dan menatap laga demi laga. Yang pertama kami harus melihat calon lawan setelah itu kami akan melakukan persiapan untuk pertandingan," ujar Bojan Hodak di Stadion Sidolig, Senin, 20 Mei 2024.

Angka 4 Dibalik Gelar Persib Bandung

Pada Liga Indonesia tahun 1994/1995, Persib Bandung meraih gelar juara setelah mengalahkan Barito Putera dalam partai final yang digelar di Stadion Utama Senayan (kini Stadion Utama Gelora Bung Karno) pada 30 Juli 1995.

Sutiono Lamso menjadi pahlawan Persib kala itu dengan gol tunggalnya. Gelar tersebut adalah yang pertama bagi Persib setelah kompetisi perserikatan dan galatama dilebur menjadi Liga Indonesia.

Baca Juga: Marc Klok Penasaran Gapai Trofi Liga 1, Siap Tuntaskan Bersama Persib Bandung

Masa itu adalah era keemasan Persib yang dihuni oleh pemain-pemain lokal top seperti Sutiono Lamso, Robby Darwis, Yusuf Bachtiar, Kekey Zakaria, dan Asep Sumantri dengan pelatih Indra Thohir.

Namun, era keemasan Persib perlahan memudar dan mereka harus menunggu 19 tahun untuk kembali meraih gelar juara. Menariknya, gelar tersebut diraih pada tahun yang berakhiran angka 4, yakni pada 2014.

Pada Liga Super Indonesia 2014, Persib keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persipura Jayapura dalam partai final yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang pada 7 November 2014.

Pertandingan berlangsung dramatis dengan skor imbang 2-2 yang memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. Persib yang saat itu dilatih Djajang Nurdjaman akhirnya keluar sebagai juara setelah menang lewat drama adu penalti dengan skor 5-3.

Kesempatan Emas di 2024

Kini, di tahun 2024, Persib berpeluang mengulangi kesuksesan untuk mengangkat trofi dan menjaga tradisi meraih juara di tahun yang berakhiran angka 4. Dilatih oleh juru taktik asal Kroasia, Bojan Hodak, Persib selangkah lagi untuk memastikan diri sebagai juara Liga 1 2023/2024. Syaratnya, Maung Bandung harus mengalahkan Madura United di partai final yang digelar dalam dua leg.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat