kievskiy.org

Facebook dan Instagram Down hingga Netizen Pindah ke X, Elon Musk: Itu karena Server Kami Berfungsi

Ilustrasi login Instagram.
Ilustrasi login Instagram. /Freepik/jannoon028

PIKIRAN RAKYAT - Layanan Facebook dan Instagram down dikeluhkan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia pada Selasa, 5 Maret 2024. Mereka secara kompak memenuhi media sosial X (dulu dikenal Twitter) dalam berbagai unggahan yang menjadi dua trending topic, yakni #instagramdown dan #facebookdown.

Detailnya, penelusuran hashtag #facebookdown berkembang begitu pesat dengan mengumpulkan lebih dari 300.000 unggahan dan hashtag #instagramdown memiliki lebih dari 400.000 unggahan dalam media sosial X.

Lebih dari itu, terungkap bahwa dua aplikasi lain milik Meta, Messenger, dan Threads juga memiliki masalah sama dengan terjadinya kegagalan masuk akun dan memuat isi beranda. Sedangkan sisanya, WhatsApp menegakkan diri menjadi satu-satunya platform milik Meta yang aman dari gangguan akses tersebut.

Merujuk situs Down Detector, terhentinya akses Instagram dan Facebook terjadi sejak pukul 22.01 WIB, dengan lebih dari 500.000 masalah tercatat.

Di Facebook, banyak pengguna mengaku dipaksa keluar dari akun dan tidak dapat masuk kembali, meski sudah mengatur ulang kata sandi untuk mengakses akun mereka.

Sedangkan untuk Instagram, para pengguna kompak menyebutkan masalah pemuatan timeline, cerita, dan komentar pengguna.

Sejauh ini, klarifikasi atas masalah Instagram dan Facebook keluar dari unggahan terbaru akun X seorang pejabat Meta. Adalah Andy Stone yang bertugas sebagai Direktur Komunikasi Meta.

Andy Stone memastikan perbaikan layanan Instagram dan Facebook sedang berlangsung secepatnya.

"Kami sadar orang-orang mengalami kesulitan mengakses layanan kami. Kami sedang mengerjakannya sekarang," ujarnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com pada Selasa, 5 Maret 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat