kievskiy.org

WhatsApp Siapkan Fitur 'Transfer Chat' yang Memudahkan Pengguna Pindah Riwayat Percakapan

Ilustrasi WhatsApp.
Ilustrasi WhatsApp. /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - WhatsApp kini tengah mengembangkan fitur baru yang akan mempermudah pengguna dalam memindahkan riwayat percakapan dari perangkat lama ke perangkat baru.

Fitur bernama “Transfer Chat” ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat percakapan hanya dengan memindai kode QR. Metode ini diharapkan lebih mudah, praktis, dan mulus dibandingkan metode yang ada saat ini.

Selama ini, pengguna yang ingin memindahkan riwayat percakapan dari iPhone ke Android harus menggunakan kabel USB-C to Lightning atau USB-C to USB-C untuk seri iPhone 15. Sedangkan untuk transfer chat dari Android ke iPhone memerlukan aplikasi Move to iOS di perangkat Android.

Untuk transfer chat antara perangkat Android ke Android atau iPhone ke iPhone, pengguna harus melakukan pencadangan data lewat Google Drive atau iCloud terlebih dahulu, kemudian memulihkannya di perangkat baru.

Fitur "Transfer Chat" yang Baru

Menurut situs WABetaInfo, yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, fitur “Transfer Chat” ini masih dalam tahap pengembangan dan baru tersedia dalam versi beta, yakni WhatsApp beta Android versi 2.24.13.6.

Dalam screenshot yang dibagikan WABetaInfo, fitur ini dapat diakses melalui menu Settings > Chats > Transfer Your Chat. Akan muncul jendela bertuliskan “Transfer chat history from old phone” yang mengarahkan pengguna untuk memindai kode QR di perangkat baru menggunakan kamera perangkat lama. Setelah itu, proses perpindahan data akan dimulai.

Kelebihan Fitur "Transfer Chat"

Fitur ini dirancang untuk memindahkan riwayat chat lintas platform tanpa harus bergantung pada aplikasi atau metode tertentu. Hal ini memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna, terutama saat berpindah dari Android ke iPhone atau sebaliknya, dengan proses yang lebih seamless.

Fitur ini juga mirip dengan Companion Mode yang memungkinkan pengguna mengakses satu akun WhatsApp di dua perangkat berbeda.

Companion Mode otomatis memindahkan seluruh isi pesan, media, dokumen, foto/video, dan stiker dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat