kievskiy.org

Akses Server PDN Diduga Hanya Pakai Password Admin #1234, Kurang dari 11 Detik Sudah Bisa Dibobol!

Ilustrasi hacker.
Ilustrasi hacker. /Pexels/Tima Miroshnichenko

PIKIRAN RAKYAT - Ada temuan baru dari kasus Pusat Data Nasional (PDN) pemerintah yang kena hack beberapa waktu lalu. Selain diserang oleh ransomware, ada satu lagi hal cukup mengejutkan.

Penemuan ini ditemukan dalam media sosial X (Twitter). Dari sebuah akun bernama @kafiradikalis, terungkap jika data PDN Indonesia memiliki password yang sangat rentan.

@kafiraradikalis mengunggah file di Scribd yang kini sudah dihapus. Tapi, hasil penelusuran Pikiran-Rakyat.com menemukan fakta jika akses ke PDN hanya gunakan password yang sangat mudah ditebak.

Dalam dokumen berjudul 'Akses Layanan Pusat Data Nasional Sementara (Government Cloud), ditemukan jika password ke server inti PDN hanya gunakan kata sandi Admin #1234.

Artinya, password ini ada kemungkinan tak diganti ketika dibuat. Karena sejatinya, password ketika dibuat berisi kombinasi huruf, angka, atau simbol yang dimengerti oleh si pembuatnya.

Dokumen yang diduga diunggah oleh orang dalam di Scribd ini tertulis akses ke server milik Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Artinya, sangat mudah untuk mendapatkan akses dengan password seperti itu

Password Paling Mudah

Password yang digunakan ini menurut observasi Pikiran-Rakyat.com merupakan salah satu password terlemah yang bisa dibuat. Menggunakan situs untuk mengecek kekuatan password, ternyata hanya diperlukan waktu sebentar untuk membobolnya.

Password Admin #1234 menurut situs password monster bisa dibobol hanya dalam waktu 33,57 menit. Bahkan ada data yang lebih parah lagi.

Menurut situs penyedia layanan password manager, NordPass, kata Admin atau angka '12345' itu merupakan password yang paling banyak dipakai. Karena itu, membobolnya juga termasuk hal yang mudah.

Uji coba password Admin #1234 dengan situs tes kekuatan password
Uji coba password Admin #1234 dengan situs tes kekuatan password

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat