kievskiy.org

10 Tradisi Keturunan Tionghoa Hakka yang Wajib Diteladani

SEBUAH gedung sekolah megah 6 lantai yang dibangun Yayasan Harapan Kasih di Kompleks Mekarwangi, Kota Bandung. Yayasan Harapan Kasih adalah perkumpulan warga keturunan Tionghoa dari kelompok Hakka atau Khe.*
SEBUAH gedung sekolah megah 6 lantai yang dibangun Yayasan Harapan Kasih di Kompleks Mekarwangi, Kota Bandung. Yayasan Harapan Kasih adalah perkumpulan warga keturunan Tionghoa dari kelompok Hakka atau Khe.*

BANDUNG, (PR).- Seperti halnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, keturunan Tionghoa di Indonesia juga demikian. Banyak sekali kelompok etnis Tionghoa yang kini ada di Indonesia, salah satunya adalah Hakka. Orang juga menyebutnya dengan Khe.

Salah satu kelebihan kelompok Hakka ini dibanding kelompok lainnya adalah mereka terkenal banyak yang sukses. Salah satu kunci kesuksesan itu adalah karena orang Hakka terkenal pekerja keras. Mereka juga memiliki sejumlah nilai yang dianut dan diamalkan setiap waktu.

Ada 10 semangat yang diwariskan oleh leluhurnya secara turun temurun dan mereka sebut dengan Hakka Spirit. Berikut adalah 10 Hakka Spirit:

  1. Menghormati leluhur (jaing zhong zu xian)
  2. Mengajarkan berbakti (ti chang xiao dao)
  3. Rukun dengan tetangga (mun lin hao ke)
  4. Menjunjung tinggi kesetiakawanan (chong sang zhong yi)
  5. Berusaha dan bersatu (tuan jie fen jin)
  6. Rajin, Tekun (ke ku nai lao)
  7. Ulet, kuat, dan tabah (jian yi gang qiang)
  8. Pengembang usaha (kai tuo chuang ye)
  9. Hemat, jujur (jian pu zheng zhi)
  10. Mencintai tanah air (ai guo ai xiang).

Tokoh Hakka

Seperti dilansir sejumlah situs, Hakka adalah salah satu kelompok Tionghoa Han yang terbesar di Tiongkok. Mereka sering berpindah-pindah karena tergolong etnis pengembara. Bahkan di Tiongkok sendiri, orang Hakka secara bertahap bermigrasi dari utara ke selatan karena bencana alam, perang, dan konflik.

Di luar Tiongkok, orang Hakka terkenal karena kesuksesannya. Salah seorang tokoh Hakka yang kiprahnya dipandang sangat positif oleh dunia adalah mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew.

Selama 31 tahun, Lee Kuan Yew membangun negeri singa hingga menjadi negara termaju di Asia Tenggara hingga kini. Dia adalah sosok pemimpin yang mampu mengajak rakyatnya memiliki tekad yang kuat untuk bekerja keras demi kemajuan negara.

Di Bandung, orang Hakka terkenal solid. Kebanyakan adalah para pengusaha dan pedagang sukses. Meski demikian, tak sedikit yang berkiprah di bidang lain dan berkompeten.

Mereka tergabung dalam Yayasan Harapan Kasih yang berkantor di Kompleks Mekarwangi, Kota Bandung. Hanya beberapa langkah dari kantor yayasan itu, kini telah berdiri sekolah megah yang terdiri 6 lantai dengan fasilitas lengkap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat