kievskiy.org

Demi Pelebaran Jalan Baros, 17 Pohon Ditebang

CIMAHI, (PR).- Demi kepentingan rencana pelebaran jalan segitiga Baros di depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed), Pemkot Cimahi merelakan deretan pohon-pohon peneduh ditebang di lokasi Jalan Baros Kota Cimahi. Pemkot Cimahi mengupayakan penanaman pohon baru sebagai pengganti pohon yang ditebang dengan mencari lokasi penanaman pohon tersebut.

Demikian diungkapkan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Ade Ruchiyat, ditemui di kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Selasa 24 Juli 2018. 
"Semuanya ada 17 pohon yang ditebang untuk pelebaran jalan akan terganggu," ujarnya.

Deretan pohon tersebut sudah rampung ditebang DLH Kota Cimahi di depan pagar Pusdikarmed. Jenis pohon dan ukuran berbagai macam, di antaranya jenis pohon mahoni dengan 3 batang pohon ukuran besar.

"Pohon kita tanam, tapi trotoarnya jadi tidak berfungsi optimal karena terhalang pohon. Jadi kita tebang," ucapnya.
Pihaknya akan mengganti pohon yang sudah ditebang dengan menanam pohon di lokasi lain.

"Masih cari lokasi untuk penanaman pohon yang baru. Stok pohon kita banyak, bahkan ada bantuan dari Balai Pengelolaan DAS Ciliwung sebanyak 5000 pohon. Itu sebagai bentuk perhatian untuk menunjang mengembalikan ekosistem," katanya.

Tidak sembarang tebang

Menurut dia, penebangan 17 pohon tersebut tidak sembarangan lantaran ada fungsinya dan akan bermanfaat bagi masyarakat luas untuk pelebaran jalan agar kondisi arus lalu lintas di jalan tersebut tidak semakin crowded.

"Memang pohon teduh kita butuh tapi tidak menunjang kegiatan dan usaha-usaha lain yang dibutuhkan Kota Cimahi. Bukan berarti kami menebang dengan mudah karena pembangunan, sedangkan masyarakat yang ingin menebang pohon dipersulit. Kita lihat urgensinya," katanya.

Namun, kata Ade, terkait penebangan pohon tersebut, pihaknya memastikan tidak ada protes dari masyarakat setempat.

"Kami tegaskan tidak sembarangan menebang pohon. Jika pohon itu menganggu arus lalulintas, mengganggu penerangan jalan umum, mengganggu arus listrik, kita akan memangkas sebagai bagian dari pemeliharaan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat