kievskiy.org

Oxbow Bojongsoang Akan Seperti Teras Cikapundung Bandung

PETUGAS Balitbang Lingkungan Keairan Kementerian PUPR memasang tanam­an terapung di area proyek oxbow Sungai Citarum, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Jumat 2 November 2018. Pemasangan tanaman tersebut untuk mengukur kualitas air Sungai Citarum, dilihat dari indikasi pertumbuhan  tanaman.*
PETUGAS Balitbang Lingkungan Keairan Kementerian PUPR memasang tanam­an terapung di area proyek oxbow Sungai Citarum, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Jumat 2 November 2018. Pemasangan tanaman tersebut untuk mengukur kualitas air Sungai Citarum, dilihat dari indikasi pertumbuhan tanaman.*

BANDUNG, (PR), - Satuan Tugas Citarum Harum dalam waktu dekat berencana menata oxbow Bojongsoang, Kabupaten Bandung, la­yaknya Teras Cikapundung di Kota Ban­dung.

”Oxbow Bojongsoang yang dulunya penuh sampah, dalam hitung­an empat bulan kalau diizinkan ada anggarannya, bisa disulap seperti Teras Cikapundung,” ujar Komandan Satgas Citarum Harum yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil, seusai Rakor Citarum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis 1 November 2018.

Oxbow atau danau tapal kuda adalah danau yang terbentuk bila sungai yang berkelok-kelok mengambil jalan pintas dan meninggalkan potongan-potongan yang akhirnya membentuk danau tapal kuda.

Terkait dengan anggaran yang dibutuhkan, Ridwan Kamil belum menghitung­nya. Namun, untuk perbandingannya bisa melihat pengalaman penataan Te­ras Cikapundung.

”Untuk menata Te­ras Cikapundung yang panjangnya 800 meter, menelan biaya Rp 15 miliar,” ujarnya.

Penataan oxbow Bojongsoang menjadi seperti Teras Cikapundung, kata Ridwan Kamil, memang baru usulan.

”Kita tunggu responsnya apakah bisa di ta­hun ini atau anggaran tahun depan. Ka­rena saya sebagai Dansatgas juga baru. Maka masalah banyak. Saya hitung lebih dari 20 poin masalahnya yang harus dibereskan. Ya, semangat saja insyaallah,” ucapnya.

Sementara terkait dengan pemindah­an warga Cieunteung untuk kolam retensi, kata dia, masih berlangsung. Ridwan berwacana ingin membebas­kan hamparan lahan kosong, lalu di­fung­sikan sebagai danau.

”(Danau) Yang di Gedebage kan sudah Rp 80 miliar. Itu luasnya 7 hektare dengan kedalaman 6 meter,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat