kievskiy.org

INSA: Sektor Pelayaran Sangat Terdampak Butuh Dukungan untuk Bertahan

Ilustrasi pelayaran.
Ilustrasi pelayaran. /Pixabay/ S. Hermann & F. Richter

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan sektor pelayaran adalah sektor yang sangat terdampak dari pandemi Covid-19, sehingga membutuhkan dukungan seluruh pemangku kepentingan untuk bisa bertahan.

“Selain sektor pariwisata dan UMKM, sektor pelayaran juga sangat terdampak pandemi Covid-19, namun demikian pelayaran nasional belum mendapatkan dukungan optimal,” kata Carmelita Hartoto dalam pernyataannya, di Jakarta, Rabu 9 Juni 2021.

Carmelita mengatakan, ketiadaan dukungan bagi pelayaran di masa sulit ini tidak sejalan dengan cita-cita mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.

Menurut dia, salah satu dukungan bagi sektor pelayaran yang sangat mendesak saat ini salah satunya adalah mempercepat pemberian vaksinasi bagi pelaut.

 Baca Juga: Pernikahan Seumur Jagung, Aurel Hermansyah Singgung Soal KDRT dan Selingkuh: Gak Aku Maafin

Vaksinasi bagi pelaut, sambung Carmelita, idealnya juga diberikan secara gratis tanpa dipungut bayaran, mengingat pelaut masuk dalam kategori pekerja pelayanan publik. 

“Percepatan vaksinasi bagi pelaut ini sangat mendesak, mengingat pelaut adalah pelayan publik sekaligus garda terdepan dalam kelancaran arus logistik nasional,” ujarnya.

Dia menjelaskan vaksinasi bagi pelaut saat ini tengah menjadi perhatian dunia maritim internasional. International Chamber of Shipping (ICS) menyampaikan bahwa vaksinasi segera menjadi persyaratan wajib bagi pelaut, mengingat beberapa negara telah mendesak seluruh kru kapal divaksinasi sebelum berlabuh di pelabuhan mereka.

 Baca Juga: Sandiaga Uno: UMKM Sangat Butuh Sentuhan untuk Menggerakkan Ekonomi Bangsa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat