kievskiy.org

Bisnis Digital Bangkit, Sandiaga Uno Optimistis Peluang Kerja Tercipta Saat Pandemi

Menparekraf Sandiaga Uno,  dalam Konferensi Global Bisnis, Manajemen, dan Kewirausahaan ke-6 (GCBME), Rabu, 18 Agustus 2021.
Menparekraf Sandiaga Uno, dalam Konferensi Global Bisnis, Manajemen, dan Kewirausahaan ke-6 (GCBME), Rabu, 18 Agustus 2021. /Pendidikan Bisnis FPEB UPI

PIKIRAN RAKYAT - Peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja, mungkin terjadi di masa pandemi Covid-19, terutama lewat inovasi, dan pengembangan bisnis digital.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam Konferensi Global Bisnis, Manajemen, dan Kewirausahaan ke-6 (GCBME).

Konferensi yang diikuti Indonesia, Malaysia, China, Korea, Ghana, Palestina, Azerbaijan, Tajikistan itu, berlangsung Rabu, 18 Agustus 2021.

Ia menyebut pandemi justru menjadi momentum bangkitnya ekonomi kreatif berbasis digital.

Baca Juga: Para Ibu di Afghanistan Putus Asa 'Melempar' Bayi Lewati Kawat Berduri, Memohon untuk Diselamatkan

Menurut Sandiaga Uno, perkembangan digital bisnis mencakup pengembangan aplikasi, permainan online, pertemuan hingga bisnis online, atau e-commerce telah tumbuh hingga 80 persen sejak Covid-19 mewabah di Indonesia.

Ia juga mengungkapkan jumlah pengguna internet di Indonesia kini mencapai 160 juta orang, dengan persentase 59 persen pengguna media sosial.

"Dan milenial mendominasi, hal ini menjadikan bonus demografi nyata," katanya, dikutip dari keterangan resmi.

Baca Juga: Meski Kompilasi, Mahfud MD Merasa Damai Lihat SBY-Megawati Nyanyi Indonesia Pusaka

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong ekonomi kreatif digital dalam membangkitkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat