kievskiy.org

Berikut E-Commerce Pilihan Masyarakat versi Jakpat

Survei Jakpat menilai Tokopedia sebagai e-commerce yang paling memuaskan pelanggan dibandingkan marketplace lainnya
Survei Jakpat menilai Tokopedia sebagai e-commerce yang paling memuaskan pelanggan dibandingkan marketplace lainnya /Dok. Tokopedia


PIKIRAN RAKYAT - Survei baru-baru ini menunjukkan Tokopedia dinilai sebagai e-commerce yang paling memuaskan pelanggan dibandingkan marketplace lainnya. Survei tersebut dilakukan oleh Jakpat, salah satu aplikasi online survei di Indonesia, terhadap 1.106 responden sepanjang periode 19-25 November 2021.

Penilaian tingkat kepuasan pelanggan ini berdasarkan lima kriteria. Di antaranya, promo, apps experience, trusted, assortment, dan delivery.

Tokopedia menduduki peringkat teratas dengan skor 4,53 dari 7 poin skala likert. Peringkat ke-dua dan seterusnya, ditempati Shopee (dengan nilai 4,47), Blibli (4,21), Lazada (4,20), JD.ID (4,16) dan Bukalapak (4.15).

Baca Juga: Bandara Juanda Surabaya Disiapkan Jadi Pintu Masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Selain itu, Tokopedia juga menempati posisi teratas untuk marketplace yang menawarkan berbagai produk berkualitas.

Dari 7 poin skala likert, Tokopedia mendapatkan nilai 6,07. Sedangkan Shopee 5,95, JD.ID 5,38, Lazada 5,33, Blibli 5,32 dan Bukalapak 5,13.

Bank Indonesia memproyeksi nilai transaksi e-commerce pada tahun 2022 dapat mencapai Rp530 triliun. Angka tersebut meningkat drastis dibanding proyeksi pada 2021 yang diperkirakan mencapai Rp403 triliun.

Baca Juga: Bandara Juanda Surabaya Disiapkan Jadi Pintu Masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Executive Director Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Arshi Adini, mengaku optimistis nilai transaksi e-commerce sebesar Rp530 triliun dapat dicapai di tahun depan.

Hal ini didorong preferensi masyarakat berbelanja daring, perkembangan layanan pembayaran digital, serta inovasi yang dilakukan oleh platform e-commerce.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat