kievskiy.org

Bisnis Pet Shop dan Cuan Tinggi, Saat Hooman Rela Berkorban demi Majikannya

Ilustrasi kucing.
Ilustrasi kucing. /Pixabay/K L

PIKIRAN RAKYAT - Tidak terpikir sebelumnya oleh Deden Angkasa (40) untuk membuka usaha toko hewan (pet shop), dengan fokus bisnis utamanya menjual makanan kucing. Bermula dari coba-coba, ASN di Pemkab Bandung Barat itu kini telah memiliki tiga toko.

Meski bukan toko besar dan masih dengan tempat yang menyewa, Angkasa Petshop milik Deden mampu menopang perekonomian keluarga.

”Paling tidak, sekarang untuk cicilan ini-itu bisa terbayar dari situ (pet shop). Alhamdulillah saya juga bisa membayar empat karyawan sekaligus memberdayakan sanak saudara yang memang butuh pekerjaan,” kata Deden, Jumat, 30 September 2022.

Dia berkisah, usaha pet shop digelutinya berawal dari kecintaan keluarganya terhadap kucing. Mulanya dari seekor kucing, lalu berkembang sampai 17 kucing yang pernah dipelihara Deden di rumahnya pada 2020.

”Pusing juga buat kasih makannya. Kalau satu kucing gampang, 1 kg bisa buat seminggu. Kalau 17 kucing bisa sampai 1,5 kg buat kasih makan sehari saja. Sementara harganya juga lumayan,” katanya.

Dengan alasan itu, Deden mencoba cari modal, tempat, dan informasi untuk membuka pet shop. Setahun kemudian, dengan modal sekira Rp30 juta, Angkasa Petshop dibuka di Jalan Ciharashas, Bandung Barat.

”Saya merintis pet shop kecil-kecilan pada April 2021. Waktu itu baru mulai pandemi Covid-19, tapi alhamdulillah usaha saya tidak terpengaruh. Saya bersyukur karena sekarang sudah punya tiga toko kecil-kecilan,” tuturnya.

Berbeda dengan usaha lain yang rentan terpuruk akibat pandemi Covid-19, dia menilai, bisnis pet shop bisa bertahan karena kucing jika sudah menyukai suatu makanan, relatif akan memakan makanan itu saja.

”Setiap habis, pasti dicari, dipaksakanlah beli makanannya oleh si pemilik kucing. Kalau hujan, anak menangis minta suatu makanan, masih bisa dibujuk agar tidak beli, tapi kalau untuk makan kucing pasti dipaksakan hujan-hujanan,” kata Deden menceritakan pengalamannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat