kievskiy.org

Kebutuhan Silase untuk Pakan Sapi Tinggi, Ekspansi Lahan Tani Jagung Diperluas

CEO PT Reitech Diverifikasi Agro, Reiner Rahardja (paling kanan) berpose sesaat setelah peresmian ekspansi lahan pertanian jagung yang melibatkan banyak petani lokal di Subang, Jawa Barat.
CEO PT Reitech Diverifikasi Agro, Reiner Rahardja (paling kanan) berpose sesaat setelah peresmian ekspansi lahan pertanian jagung yang melibatkan banyak petani lokal di Subang, Jawa Barat. /Dok. Reitech

PIKIRAN RAKYAT – Silase, pakan tinggi kadar air dari jagung, dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas susu dari sapi perah dan kualitas sapi pedaging.

Oleh karenanya, lahan tani jagung diperluas ekspansinya.

Seperti dituturkan Reiner Rahardja, CEO PT Reitech Diversifikasi Agro, pihaknya baru saja memperluas garapan lahannya bersama petani lokal di Subang dan Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga: 2 Remaja Perempuan di Bogor Ditemukan Tewas Setelah Terjatuh ke Kali Cisadane saat Asik Berswafoto

Setelah sebelumnya sempat juga dilakukan ekspansi di Banten.

“Banyak pengusaha peternakan sapi yang membutuhkan pakan dari jagung silase yang dapat meningatkan kualitas dan kuantitas susu dari sapi perah dan kualitas sapi pedaging, market ini kami garap secara serius untuk gerakan pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan nasional,” katanya, dalam siaran pers yang diterima Senin, 31 Agustus 2020.

Dengan model pemberdayaan terintegrasi dari pertanian ke industri peternakan, kata dia, kualitas akan dijaga secara signifikan dibawah manajemen yang tepat guna.

Baca Juga: Terdampak Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Koramil 09 Minas Terima Aset Pengganti dari PUPR

“Itulah mengapa petani tradisional sering mengalami gagal panen. Atau produknya tidak dibeli karena tidak sesuai dengan yang diinginkan peternak. Nah, kami berupaya menekan gap ini sehingga petani punya penghasilan layak dan ekonomi kerakyatan pun terbangun,” katanya.

Targetnya, program ini petani lokal dan masyarakat yang terdampak covid-19 dengan target 2500 hektar dengan fokus pada komoditas jagung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat