kievskiy.org

Penjualan Online Melonjak 480 Persen, Hari Pelanggan Nasional Jadi Momen Konsumen Lebih Jeli Memilih

Ilustrasi belanja di era pandemi Covid-19.
Ilustrasi belanja di era pandemi Covid-19. /Pixabay/Omni Matryx

PIKIRAN RAKYAT - Menurut laporan ‘Tinjauan Big Data 2020 terhadap Dampak COVID-19’ oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online di Indonesia pada Februari-Juli 2020 meningkat tajam dibanding penjualan di bulan Januari 2020.

Penjualan online di Indonesia melonjak 320% di Maret 2020 dan 480% di April 2020, keduanya dibandingkan penjualan online di awal tahun.

Menurut lembaga survei konsumen Nielsen, 30% konsumen merencanakan untuk lebih sering berbelanja secara online sejak pandemi COVID-19 merebak.

Baca Juga: Hore! Tunjangan Cair, PNS Dapat Pulsa dan Paket Data Maksimal Rp400.000 per Bulan

Oleh karenanya, Hari Pelanggan Nasional yang jatuh 4 September 2020, adalah momen agar konsumen tambah jeli memilih.

Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando mengatakan, bahwa saat ini terjadi perubahan perilaku konsumen yang tercermin dari keputusannya membeli kebutuhan sehari-hari.

“Konsumen sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan dan menjadikan risiko kesehatan sebagai pertimbangan utama. Perubahan perilaku konsumen ini dilihat dalam tiga perspektif pengambilan keputusan, yaitu Rasional (konsumen dalam mengambil keputusan pembelian secara rasional dengan menekankan aspek fungsional dan ekonomis),  Eksperiensial (konsumen dipengaruhi perasaan terkait dengan konsumsi produk dan demi mendapat pengalaman yang unik), dan Behavioral (konsumen mendapatkan pengaruh lingkungan misalnya karena suasana tempat yang tenang dan nyaman).”

Baca Juga: Kata 'Anjay' di Mata Kak Seto: Interpretasi itu Luas dan Macam-macam

Asupan bergizi (makanan dan minuman), produk-produk sanitasi dan perlengkapan olahraga menjadi prioritas masyarakat di saat ini.

Melihat tren ini Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan dengan menyediakan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat