kievskiy.org

Pertamina Menggandeng UMKM jadi Mitra, Beri Pelatihan Digitalisasi ke 1.800 Mitra

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM /PIXABAY/Free-Photos

PIKIRAN RAKYAT - PT Pertamina (Persero) berkomitmen terus memajukan sektor Usaha Mikro dan Kecil Menangan (UMKM).

Komitmen itu diwujudkan dengan melatih lebih dari 1.800 mitra UMKM binaan Pertamina menerapkan digitalisasi dalam bidang usahanya.

Vice President Corporate Communication Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina telah melakukan banyak pelatihan yang berhubungan dengan digitalisasi seperti pelatihan digital bertahan di era COVID-19, Online marketing, branding, strategi bisnis, creative skill dan keuangan.

“Pertamina juga mengakomodir para mitra binaannya dengan pelatihan pasar digital UMKM, E-learning platform, digitalisasi dan e-commerce dan optimalisasi media sosial,” tuturnya.

Pelatihan digital yang diberikan Pertamina, langsung dirasakan manfaatnya oleh Lidya, satu di antara mitra binaan Pertamina.

"Lewat pemasaran digital, cakupan penjualan lebih luas dan lebih mudah dikenal orang,” ujar Lidya yang memiliki usaha dengan produk aksesoris kawat tembaga.

Fajriyah mengatakan, upaya ini merupakan bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

“Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” sebut Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, Pertamina berkomitmen mendukung pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan menyajikan virtual exhibition terbesar di Indonesia berupa Pertamina SMEXPO 2020 tanggal 9-11 September 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat