kievskiy.org

Kopi Khas Gambung Gunung Ciwidey dan Cara Telkom Bantu Pelaku UMKM di Pelosok

Keterangan foto: Direktur Enterprise & Business Telkom Edi Witjara (paling depan) didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin dan Executive Vice President Telkom Regional III Area Jawa Barat M. Khamdan berkunjung ke Saung Kopi Bah Dusyie di Desa Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Telkom dalam menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.
Keterangan foto: Direktur Enterprise & Business Telkom Edi Witjara (paling depan) didampingi Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin dan Executive Vice President Telkom Regional III Area Jawa Barat M. Khamdan berkunjung ke Saung Kopi Bah Dusyie di Desa Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Telkom dalam menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. /Dok. Telkom

PIKIRAN RAKYAT - PT Telkom Indonesia (Persero) berkomitmen menyediakan solusi digital bagi para pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) hungga ke pelosok.

Satu di antara pelaku UMKM yang difasilitasi adalah Saung Kopi Bah Dusyie yang berlokasi di kaki Gunung Ciwidey, tepatnya di Desa Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Saung Kopi Bah Dusyie menawarkan konsep alam, di mana pengunjung dapat menikmati kopi dalam suasana hutan.

Baca Juga: Liga 1 2020 Resmi Dilanjutkan 1 Oktober Ini, PSSI dan BNPB Tandatangani MoU

Fasilitas digital amat dibutuhkan pelaku UMKM, terlebih di situasi pandemi COVID-19 yang mengharuskan pertemuan fisik dibatasi.

"Bah Dusyie ini adalah salah satu bukti bahwa digitalisasi itu keniscayaan. Bisnis apapun dan di manapun tidak akan terlepas dari pemanfaatan teknologi digital," ujar Direktur Enterprise & Business Telkom Edi Witjara.

"Bagi Telkom, ini sebagai bukti bahwa kita selalu hadir memberi solusi digital termasuk untuk pelaku UMKM di pelosok sekalipun. Intinya, UMKM bersama Telkom #GakNyerah #AyoBerubah," imbuh Edi.

Di sisi lain, Abah Dusyie pun sudah mulai menerapkan teknologi digital dalam menjalankan operasional usahanya.

“Beberapa rekan kami di komunitas Rudis sudah memanfaatkan kasir online Bonum dan sosial media dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk kami di sini, meski di tepi hutan juga pasti memanfaatkan kasir online untuk membantu pembukuan," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat