kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar Hari Ini Senin 22 April 2024, Melemah akibat Israel vs Iran

Ilustrasi kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Senin 22 April 2024.
Ilustrasi kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Senin 22 April 2024. /Pixabay/Robert Lens

PIKIRAN RAKYAT - Berikut kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Senin 22 April 2024. Nilai mata uang Indonesia berisiko melemah akibat konflik Israel dan Iran yang bersitegang akhir-akhir ini.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah ke dolar AS (Amerika Serikat) adalah Rp16.255 pada Minggu, 21 April 2024 pukul 6.00 WIB. Salah satu penyebabnya adalah arah peningkatan suku bunga global yang tidak pasti.

Simak kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini

Diprediksi nilai kurs rupiah terhadap dolar AS berada di antara Rp16.210 sampai Rp16.300. Ada prediksi akan peningkatan nilai tersebut pada awal pekan alias mulai hari ini, Senin 22 April 2024.

Konflik Iran dan Israel penjajah yang memanas diperkirakan menjadi penyebab hal tersebut terjadi. Eskalasi kedua negara di wilayah Arab tersebut bermula dari penyerangan Israel penjajah terhadap Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah. Iran pun membalas dengan mengirim ratusan roket ke pusat militer Israel.

3 tips untuk menguatkan nilai rupiah

Berikut selengkapnya, dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

  1. Membeli produk dalam negeri

    Semakin tinggi impor, semakin lemah nilai tukar rupiah. Kita bisa menguatkan nilai mata uang kita dengan mengurangi membeli produk impor, tetapi dengan memperbanyak belanja terhadap produk dalam negeri.

    "Tanamkan rasa cinta dan bangga Anda terhadap produk dalam negeri yang memiliki kualitas tak kalah dengan kualitas produk luar negeri karena kalau bukan kita yang gunakan, siapa lagi? Langkah ini juga mampu membantu industri wirausaha tanah air sehingga dapat semakin berkembang dan tentu saja akan mengurangi tingkat pengangguran," ujar OJK.

  2. Investasi di dalam negeri

    Anda bisa meakukan investasi dengan membeli Surang Utang Negara (SUN) atau Obligasi Negara Ritel (ORI). Keduanya diterbitkan Pemerintah yang memiliki risiko kecil, dilansir dari laman OJK.

    "Industri perbankan syariah juga dapat menjadi solusi tanpa perlu takut terkena dampak dari nilai tukar Rupiah yang memengaruhi suku bunga. Dengan proses Murabahah atau kesepakatan harga jual dan margin keuntungan, akan membuat investasi makin mudah dan pasti," katanya.

  3. Tak melakukan penimbunan terhadap dolar AS

    Pastikan Anda tidak terburu-buru menukarkan Rupiah ke dolar AS hanya demi keuntungan. Semakin banyak dolar yang Anda miliki, semakin Pemerintah terbantu untuk menyelamatkan ekonomi bangsa.

Demikian kurs nilai tukar rupiah ke dolar hari ini, Senin 22 April 2024. Ada risiko melemahnya nilai Rupiah akibat konflik Israel penjajah dan Iran yang memanas belakangan ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat