kievskiy.org

Tren Terbaru 2024 Dunia Kripto: Apa yang Perlu Diketahui

Ilustrasi mata uang cryptocurrency atau kripto.
Ilustrasi mata uang cryptocurrency atau kripto. /Pixabay/Mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT - Cryptocurrency atau kripto merupakan mata uang yang menjadi inovasi di sektor keuangan. Meski demikian, mata uang digital tersebut masih menjadi perdebatan.

Akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya Muhammad Said Fathurrohman mengungkapkan, cryptocurrency berada dalam tahap eksperimen dalam evolusi sistem moneter. Menurut dia, keberhasilan mata uang tersebut masih bergantung pada penerimaan dan penggunaan masyarakat global.

"Posisi cryptocurrency saat ini terlihat sebagai tahap eksperimen. Pada awalnya, teknologi ini diadopsi oleh sekelompok early adopter, namun kesuksesannya bergantung pada apakah manfaatnya dirasakan secara luas oleh masyarakat," kata dia, dikutip dari laman resmi Universitas Airlangga.

Menurut Said, uang telah berevolusi dari komoditas fisik menjadi uang kertas yang didukung oleh negara. Namun, kripto tak memiliki dukungan negara dan nilainya tak terkait dengan komoditas fisik.

Sehingga menurutnya, cryptocurrency punya keunggulan lantaran tidak terpengaruh intervensi pemerintah. "Meskipun ini tampak sebagai kelemahan, sebenarnya dapat menjadi keunggulan karena pemerintah belum tentu mengelola uang dengan baik."

Tren terbaru cryptocurrency

Ilustrasi bitcoin, jenis mata uang cryptocurrency atau kripto.
Ilustrasi bitcoin, jenis mata uang cryptocurrency atau kripto.

PT Utama Aset Digital Indonesia (Bittime) menilai ada empat jenis token yang layak dicermati untuk dijadikan diversifikasi portofolio aset kripto menjelang Halving Bitcoin--imbalan untuk penambang dipotong 50 persen atau setengahnya, yakni Ondo Finance (ONDO), Dogecoin (DOGE), Aevo (AEVO), dan Internet Computer Protocol (ICP).

CEO Bittime Ryan Lymn memperkirakan, Halving Bitcoin bakal terjadi pada pertengahan April 2024, siklus empat tahunan yang paling ditunggu pelaku pasar kripto.

"Kenaikan Bitcoin kali ini didukung banyak hal, mulai dari persetujuan ETF Bitcoin di pasar modal Amerika Serikat (AS), kebijakan suku bunga The Fed, hingga Halving. Hal ini mengerek risk appetite investor dan pada akhir mendukung pasar aset kripto secara keseluruhan," tuturnya, akhir Maret 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat