kievskiy.org

20 Negara dengan Cadangan Emas Terbanyak di Dunia, Rata-Rata dari Benua Eropa

Ilustrasi emas.
Ilustrasi emas. /Pixabay/Stevebidmead

PIKIRAN RAKYAT - Banyak negara di dunia mencatatkan cadangan emas yang melimpah untuk kepentingan nasional masing-masing. Artikel ini merangkum 20 negara dengan taksiran total harga cadangan emas dalam mata uang dolar.

Suatu negara dengan cadangan emas melimpah sangat berarti untuk berkontribusi terhadap beberapa hal terkait kepentingan nasional, seperti kebijakan moneter, stabilitas mata uang, dan transaksi keuangan internasioanl

Negara dengan banyak cadangan emas juga menjadi tolok ukur atas kekuatan perekonomian mereka dan mempengaruhi sentimen dunia internasional.

Adapun daftar negara dengan cadangan emas terbanyak di dunia dan taksiran total harga dalam mata uang dolar tertera sebagai berikut.

  1. Amerika Serikat

Cadangan Emas pada Q4 2023: 8,133 metrik ton

Amerika Serikat memiliki cadangan emas terbanyak pada tahun 2024, yakni lebih dari 8.100 metrik ton.  Cadangan emas AS disimpan secara menyebar pada 12 Bank Federal Reserve, termasuk brankas di Federal Reserve Bank of New York yang menyimpan jumlah emas terbesar di dunia.

Cadangan emas AS, bahkan hampir menyamai gabungan kepemilikan tiga negara pemilik emas dua sampai empat besar dunia, seperti Jerman, Italia, dan Prancis.

AS juga merupakan produsen emas terbesar kelima di dunia. Survei Geologi AS pada awal 2024 melaporkan bahwa 15.000 metrik ton emas telah diidentifikasi hingga saat ini, dan Amerika Serikat memproduksi 170 metrik ton emas pada tahun 2023.

Pada Mei 2024, cadangan emas Amerika Serikat dinilai sebesar $543,50 miliar.

  1. Jerman

Cadangan Emas pada Q4 2023: 3,353 metrik ton

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat