kievskiy.org

Dorong Ekspor Nasional, Bank Mandiri Dukung Trade Expo Indonesia 2024

Bank Mandiri dukung penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan.
Bank Mandiri dukung penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. /Dok. Mandiri

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen untuk mendorong transaksi ekspor impor dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu upayanya, bank berlogo pita emas ini mendukung penuh penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang akan digelar pada Oktober 2024.

Pameran tahunan ini mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia kepada pasar global. Juga memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis dalam dan luar negeri untuk menjalin kerjasama dagang dan investasi. Kementerian Perdagangan menargetkan potensi transaksi pada Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-39 ini bisa mencapai US$ 15 miliar dari lebih 1.000 exhibitor. Sedangkan target pengunjung untuk tahun ini sebanyak 30.000 orang.

Senior Vice President Government Solution Bank Mandiri Aland Rinny Pattity menyatakan bank bersandi saham BMRI ini akan terus berkontribusi untuk memperkuat ekosistem perdagangan nasional dalam memajukan Indonesia di panggung internasional. Oleh sebab itu, Bank Mandiri telah menyediakan layanan perbankan yang komprehensif bagi pelaku bisnis dalam menjalankan trade finance.

Dari segi inovasi, Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank paling aktif di Indonesia yang mengoptimalkan fitur digital untuk nasabah wholesale atau korporasi. Hal ini terlihat dari Digital Super Platform Kopra by Mandiri yang sejak diluncurkan telah disambut dengan sangat antusias oleh para nasabah.

“Bank Mandiri memiliki platform super digital wholesale Kopra by Mandiri yang bisa dimanfaatkan para pelaku ekspor impor. Kopra by Mandiri mendukung efisiensi perdagangan dengan menyediakan kemudahan navigasi dan operasional transaksi nasabah dimulai sejak pembukaan rekening giro, inquiry akses layanan e-channel trade, cash-management, hingga layanan valuta asing,” ujar Aland.

Lanjutnya, Bank Mandiri menawarkan layanan di setiap tahapan bisnis nasabah baik menggunakan metode pembayaran documentary credit, documentary collection, hingga open account. Selain layanan, Bank Mandiri menyiapkan solusi pembiayaan di setiap aktivitas bisnis nasabah mulai dari barang akan dikapalkan (pre-shipment financing), in-transit, hingga setelah pengiriman (post-shipment financing).

Dengan Kopra by Mandiri, nasabah dapat memantau transaksi secara real-time, mengakses dan mendapatkan pencairan pembiayaan secara same day service.

Sejalan dengan tren global yang menunjukkan dominasi dan peningkatan penggunaan metode pembayaran non letter of credit, Bank Mandiri juga turut mendorong pembiayaan transaksi Non-Letter of Credit yang nilainya lebih besar dibandingkan pembiayaan transaksi Letter of Credit.

Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor, tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasokan perdagangan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah otomasi pembayaran tagihan jasa kepelabuhanan melalui layanan Kopra Auto Collection yang terintegrasi dengan sistem Port Operator.

Layanan ini memberikan kemudahan bagi Port Operator maupun Shipping Company untuk melakukan pembayaran tagihan dengan seamless dan real time.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat