kievskiy.org

Pinjam Uang di BRI, Berapa Limitnya dan Apa Saja Syaratnya?

Ilustrasi uang pinjaman.
Ilustrasi uang pinjaman. /Pixabay/EmAji Pixabay/EmAji

PIKIRAN RAKYAT - Bank Rakyat Indonesia (BRI) bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin meminjam uang dengan mudah.

Sebab, BRI punya berbagai progam pinjaman uang, yang salah satunya masuk dalam layanan “BRIguna”, yakni kredit tanpa agunan.

Berikut jenis-jenis BRIguna, lengkap beserta syarat pengajuannya;

BRIguna Karya

BRIguna Karya merupakan pinjaman kepada pegawai aktif yang mempunyai penghasilan tetap (fixed income) untuk keperluan konsumtif.

  • Plafond (Limit Kredit): Maksimal Rp500 juta atau lebih sesuai dengan ketentuan Repayment Capacity (RPC) nasabah.
  • Tenor Pinjaman: Sampai dengan 15 Tahun atau sesuai dengan sisa masa kerja aktif.
  • Syarat Umum: WNI berstatus sebagai pegawai aktif, pembayaran payroll melalui rekening BRI, instansi/perusahaan telah menjadi mitra kerja sama BRI (terdapat Perjanjian - Kerja Sama), usia calon nasabah minimum 21 tahun saat pengajuan (khusus untuk CASN/ASN/TNI/Polri minimal 18 tahun).
  • Syarat Khusus: Fotokopi KTP pemohon dan pasangan (suami/istri), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi NPWP pribadi, asli SK fisik atau digital pengangkatan pertama sebagai pegawai dan /SK terakhir, Fotokopi buku tabungan payroll BRI.
  • Biaya: Suku bunga sesuai dengan program yang berlaku, biaya provisi sebesar 1 persen dari plafond kredit, biaya administrasi kredit mulai dari Rp 100 ribu, premi asuransi wajib dicover dengan asuransi Jiwa Kredit dengan tarif sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi berdasarkan besar plafond kredit, tenor kredit, usia dan kondisi kesehatan.

BRIguna Pra Purna

BRIguna Pra Purna adalah pinjaman kepada pegawai aktif sampai dengan masa pensiun yang mempunyai penghasilan tetap untuk keperluan konsumtif.

  • Plafond: Maksimal Rp 500 juta atau THP saat pegawai aktif (75 persen untuk payroll BRI atau 70 persen untuk non payroll BRI) dengan THP pada saat pensiun (87,5 persen).
  • Tenor Pinjaman: Sampai dengan 15 tahun atau sejak menjadi pegawai aktif sampai dengan usia debitur 75 tahun.
  • Syarat Umum: WNI berstatus sebagai pegawai aktif sampai dengan menuju pra-pensiun, pembayaran payroll/pensiun melalui rekening BRI, instansi/perusahaan telah menjadi mitra kerja sama BRI (terdapat Perjanjian Kerja Sama), pensiunan dikelola oleh PT Taspen atau PT Asabri khusus ASN/TNI/POLRI.
  • Biaya: Suku bunga sesuai dengan program yang berlaku, biaya provisi 1 persen dari plafond kredit, biaya administrasi kredit mulai dari Rp 100 ribu, premi suransi wajib dicover dengan asuransi jiwa kredit dengan tarif sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi berdasarkan besar plafond kredit, tenor kredit, usia dan kondisi kesehatan.

BRIguna Purna

BRIguna Purna Pinjaman Briguna yang diberikan kepada pensiunan sampai dengan usia debitur 75 tahun.

  • Plafond: Maksimal Rp 500 juta atau 87,5 persen dari THP.
  • Tenor Pinjaman: Sampai dengan 15 tahun atau sejak debitur pensiun sampai dengan usia debitur 75 tahun.
  • Syarat Umum: WNI, pensiunan dan janda/duda-nya dari pegawai ASN/TNI/POLRI, pensiunan dan janda/duda-nya Pegawai BUMN/BUMD/SwastaBonafide yang mempunyai dana pensiun, pembayaran payroll/pensiun melalui rekening BRI, debitur masih tercatat sebagai pensiunan dan masih menerima pensiunan dari instansi yang bersangkutan.
  • Biaya: Suku bunga sesuai dengan program yang berlaku, biaya provisi 1 persen dari plafond kredit, biaya administrasi kredit mulai dari Rp 100 ribu, premi asuransi wajib dicover dengan asuransi jiwa kredit dengan tarif sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi berdasarkan besar plafond kredit, tenor kredit, usia dan kondisi kesehatan.

BRIguna Talangan

BRIguna Talangan merupakan pinjaman yang diberikan kepada pegawai aktif yang akan memasuki usia pensiun maksimal 1 tahun menjelang pensiun untuk keperluan konsumtif dan produktif.

  • Plafond: Maksimal 50 persen dari Hak pesangon/Tunjangan Hari Tua pada saat pensiun/masa persiapan pensiun.
  • Tenor Pinjaman: Maksimal 12 bulan dan tidak melebihi masa pensiun.
  • Syarat Umum: WNI, Pegawai tetap ASN/TNI/POLRI/BUMN yang akan memasuki usia pensiun (maksimal 1 tahun menjelang pensiun), pembayaran payroll dilakukan di BRI.
  • Biaya: Suku bunga sesuai dengan program yang berlaku, biaya provisi 1 persen dari plafond kredit, biaya administrasi kredit mulai dari Rp 100 ribu, premi asuransi wajib dicover dengan asuransi jiwa kredit dengan tarif sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi berdasarkan besar plafond kredit, tenor kredit, usia dan kondisi kesehatan.

Informasi mengenai produk pinjaman lain dari BRI bisa dicek melalui link berikut ini.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat