kievskiy.org

Teknik Membuat Sushi untuk Bekal

SATU kali dicomot, lalu hap! Seporsi sushi bisa muat dalam mulut kita. Mudahnya menyantap sushi juga semudah menyiapkannya. Untuk anak-anak, pola membuat sushi bisa jadi siasat ketika mereka ogah makan.

Dalam satu gulungan sushi, biasanya terdapat komposisi nasi, protein, serta sayuran. Belum lagi dibungkus dengan nori alias rumput laut yang memberi sensasi rasa berbeda. Taburan wijen ma­upun isian ikan di dalam sushi juga kerap meningkatkan selera makan lho.

Eppy Winaningsih berbagi ilmunya dalam membuat sushi. Ada lima jenis sushi yang dibaginya kali ini. Semua bisa menggunakan bahan yang sama.

Adapun peralatan khas yang digunakan untuk membuat sushi adalah makizu atau alat untuk merapikan gulungan sushi yang biasanya terbuat dari kayu (atau bambu). Lalu alas untuk memotong atau talenan, pisau, piring, dan mangkuk saji.

Bahan yang diperlukan antara lain beras jepang yang dicampurkan dengan larutan jeruk lemon saat menanaknya menjadi nasi. Kemudian dinginkan. Eppy mengatakan, perbedaannya dengan be­ras lokal adalah pada saat menggulung nasi dari beras jepang tidak mudah hancur.

Bahan lainnya, lembaran nori serta isian sushi seperti olahan kepiting, udang katsu, sosis, kyuri (timun jepang), wortel, olahan ikan tuna, salmon, keju, atau tamago. Yang terakhir itu adalah sejenis telur dadar yang diberi irisan wortel dan aneka bawang. Seluruh bahan isian dipotong memanjang.

Sedikit tips dan trik dari Eppy antara lain gunakan nasi yang sudah dingin agar nori tidak mengerut. Kecuali untuk jenis sushi gunakan dan nigiri. Ada teknik yang memudahkan saat menggulung sushi. ”Ini cara saya jika menggulung sushi dirasa sulit. Gunakan bantuan pisau pada saat gulungan pertama dengan cara menekan sushi dengan pisau ke bagian dalam. Setelah ’terkunci’, gulungan sushi dapat dilanjutkan dan biasanya jadi lebih mudah,” ujarnya.

Saat memotong sushi pun, usahakan pisau tidak lengket karena akan membuat hasil potongan menjadi berantakan. Biasanya, pi­sau dicuci dengan air bersih atau dilap hingga tidak lengket lagi. ”Ada trik memotong sushi juga agar besarannya sama dan rapi. Gunakan dua jari untuk membagi sushi sama besar. Lalu taruh pisau di antara kedua jari saat memotongnya. Namun, biasanya setelah berlatih beberapa kali, pasti bisa memotong sushi tanpa trik tersebut,” kata Eppy.***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat