kievskiy.org

Menu Makanan Sehat di Berbagai Negara

PENGGUNA media sosial Tumblr dengan akun Sweetgreen sempat merilis foto pada 2014 mengenai perbandingan makan siang siswa di berbagai negara. Pengelola akun yang menyediakan menu makanan sehat dan organik itu mengatakan, tujuan diunggahnya foto-foto tersebut untuk memberi perbandingan antara menu makanan di kafetaria sekolah di berbagai negara.

Mereka membuat sendiri menu makanan sehat tersebut berdasarkan survei di platform media sosial. Mereka beralasan, foto-foto yang mereka buat tidak bisa dijadikan pegangan lantaran menu makanan sekolah dapat bervariasi di masing-masing negara.

Disadur dari laman Huffington Post, dibandingkan dengan menu sekolah di AS, menu di beberapa negara lain lebih sehat. Menu-menu itu banyak dipenuhi sayuran hijau dan buah segar. Makanan yang digoreng dan mengandung gula atau pemanis, justru dikurangi.

Secara umum, makanan untuk siswa-siswa AS masih banyak mengandung garam, karbohidrat tinggi, serta lemak yang tidak baik. Dalam satu set menu makan siang biasa ditemukan ayam goreng tepung, kentang tumbuk, kacang polong, satu cup buah, serta kukis cokelat. Banyak yang berpendapat bahwa menu ini juga berkontribusi banyak terhadap meningkatnya anak yang obesitas.

Menu makanan sehat yang lebih baik dari berbagai negara:

Brasil: daging campur sayuran, nasi dan kacang hitam, salad, roti dan pisang raja panggang.

 

Italia: ikan di atas daun arugula, salad wortel, pasta dengan saus tomat, salad caprese, baguette, serta sejumput anggur.

 

Finlandia: sup kacang, salad buah bit, salad wortel, roti, dan pannakakkau dengan berri segar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat