kievskiy.org

Honbap, Tren Makan Seorang Diri di Korea Selatan

SUDAH menjadi hal biasa pergi ke restoran atau tempat makan umum bersama teman, keluarga, atau dengan orang terkasih. Tidak hanya menghilangkan rasa lapar, makan bersama bisa menjadi pengerat hubungan satu sama lain. Walau begitu, pernakah Anda berpikir untuk makan seorang diri?

Mungkin itu tak menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, kini makan sendirian menjadi tren di Korea Selatan yang kerap disebut honbap. Dilansir dari Koreaboo, Honbap merupakan akronim bahasa Korea dari kata honja yang berarti “sendiri” dan bap yang berarti “nasi” atau “makanan”.

“Saya lebih suka makan sendirian karena saya dapat melakukan apapun ketika makan. Saya suka mendengarkan musik tapi itu tidak mungkin saya lakukan saat bersama orang lain,” Ujar Kim Minji (25), dikutip dari Joong Ang Daily.

Gaya hidup tersebut berkembang seiring bertambahnya jumlah orang yang tinggal sendirian di Korea Selatan. Dilansir dari Korea Times, menurut data statistik peningkatan tersebut terjadi sejak tahun 2000. Tahun 2012, 25,3% penduduk Korea tercatat tinggal seorang diri dan diprediksi akan mencapai 35,3% pada tahun 2035.

Fenomena ini dianggap peluang bagi pelaku bisnis kuliner. Lee Myungjae membangun restoran mie ala Jepang khusus orang-orang yang ingin menikmati makanan seorang diri.

Saat masuk, mungkin Anda merasa seperti di perpustakaan ketimbang di restoran. Lee membagi beberapa meja panjang menjadi bilik-bilik kayu sebagai tempat para pelanggan menikmati pesanannya. Tak ada obrolan, hanya suara khas seruput mie atau beberapa kali penggilan pelayanan yang terdengar di restoran ini.

“Pertama kali menjalankan bisnis, orang mengatakan restoran saya tidak akan menarik banyak pelanggan karena masyarakat masih berpikir makan sebagai aktivitas sosial. Kesuksesan baru saya rasakan 4 tahun kemudian. Saya bisa mendapat keuntungan sekitar 1,7 juta won (Rp 20 juta) per hari,” tutur Lee.

Lee Myungjae bukanlah satu-satunya orang yang menjalani bisnis ini. Ahn Seungeob pun ikut meramaikan persaingan bisnis dengan membangun restoran kari untuk pelanggan tunggal. Tak tanggung-tanggung, Ahn menyediakan pemutar CD dan headphone disudut restoran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat