kievskiy.org

Lembaran Kertas Ini Bisa Tumbuhkan Sel Manusia

PENELITI mengembangkan jaringan makhluk hidup yang menyerupai kertas untuk merangsang regenerasi organ manusia.*
PENELITI mengembangkan jaringan makhluk hidup yang menyerupai kertas untuk merangsang regenerasi organ manusia.*

PARA ilmuwan telah menciptakan biomaterial mirip kertas yang dapat merangsang regenerasi organ manusia. "Kertas" itu terbuat dari organ-organ seperti ovarium, rahim, jantung, hati, dan otot yang tipis dan cukup fleksibel. Saking fleksibelnya, biomaterial tersebut dapat dijadikan origami.

Menurut para ilmuwan, bahan "kertas jaringan" baru ini mempertahankan sifat seluler organ sehingga bisa membantu tubuh meregenerasi jaringan organ yang relevan untuk membantu penyembuhan luka.

"Karena memiliki komponen yang didapat dari jaringan organ tubuh asli, sel akan mengenalinya setelah ditanamkan," ujar rekan penulis studi Ramille Shah, seorang asisten profesor ilmu dan teknik material di Northwestern University.

Terinspirasi tumpahan tinta

Melansir Live Science, tumpahan tinta yang tidak disengaja memicu penemuan bahan baru ini. Penulis utama penelitian, Adam Jakus, menciptakan tinta yang terbuat dari jaringan sel ovarium untuk digunakan dalam printer 3D. Lalu, tinta itu tumpah. Ketika dia hendak membersihkan tumpahannya, tinta ovarium tersebut sudah membentuk lembaran kering.

"Ketika saya mencoba mengangkatnya, rasanya keras. Bola lampu pun menyala di atas kepala saya. Saya pikir saya bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan organ lain," kata Jakus dalam sebuah pernyataan.

Jakus dan rekan-rekannya kemudian mengambil organ babi atau sapi dan menggunakan deterjen untuk melepaskan sel-selnya. Para ilmuwan kemudian membekukan bahan organ hingga kering, menggilingnya hingga bubuk, dan mencampurnya dengan pelarut untuk membuat tinta. Saat tinta dikeringkan, tinta berubah menjadi lembaran datar seperti kertas.

Setiap lembar jaringan tipis dan fleksibel itu terasa dan bersifat seperti kertas. Jakus bahkan mengatakan bahwa ia bisa melipat lembaran ini menjadi burung origami. "Mereka mudah untuk disimpan, dilipat, digulung, dijahit, dan dipotong seperti kertas. Sifat datar dan fleksibelnya penting jika dokter ingin membuat dan memanipulasinya dalam situasi bedah," kata Jakus kepada Live Science.

Menumbuhkan sel manusia

Setiap lembar kertas jaringan mengandung molekul biologis sisa dan struktur protein dari organ sumbernya. Dalam percobaan, kertas jaringan ini bisa menunjang pertumbuhan sel induk manusia dewasa. Para periset mengklaim bahan baru mereka dapat merangsang sel untuk berperilaku secara terapeutik. Misalnya, lembaran jaringan yang terbuat dari otot bisa membantu perkembangan pertumbuhan sel otot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat