kievskiy.org

Ayu Laksmi dalam 16 Pertanyaan, Dihantui Sosok Ibu Pengabdi Setan

KEMUNCULAN film Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar, membukukan rekor tersendiri dalam dunia perfilman Indonesia.

Film itu resmi dinobatkan sebagai film horor Indonesia terlaris  sepanjang masa. Di hari ke-37 pemutarannya di bioskop, Pengabdi Setan telah disaksikan oleh lebih dari empat juta penonton tanah air.

Penonton yang telah menyaksikan Pengabdi Setan (atau bahkan bagi yang belum menonton karena berbagai alasan) pasti tahu benar bahwa tokoh Ibu punya posisi sentral.

Sosoknya berhasil  mengantarkan suasana mencekam. Bahkan meski hanya melalui dentingan lonceng yang dibunyikannya sekalipun.

Popularitas tokoh Ibu, disebut-sebut mampu mengingatkan kita pada karakter Valak dari The Conjuring. Sosoknya juga sempat viral di jagat maya. Tagar dan meme yang berhubungan dengan  sosok Ibu, bahkan sempat menjadi trending topic di linimasa Twitter dan menjadi perbincangan warganet berminggu-minggu lamanya.

Di balik tokoh Ibu, ada sosok Ayu Laksmi (49). Dalam Pengabdi Setan, ia dihadirkan dalam wujud wajah pucat yang memancarkan aura seram. Memikirkannya saja (mungkin sambil membayangkan beberapa scene), orang bisa langsung bergidik.

Gara-gara Ayu Laksmi, kata ”ibu” sempat mengalami pergeseran makna. Jika biasanya seorang ibu identik dengan perempuan penuh cinta dan kelembutan, peran yang ”dihidupkan” Ayu Laksmi justru bisa membawanya dalam tataran berbeda: penuh teror.

Saya seperti tidak berdaya, sulit bernapas, berteriak-teriak tapi tidak bisa keluar suara. Itu setiap malam, selama satu minggu. Ya seperti Ibu Mawarni itu. Mungkin, karena karakter itu sedang saya pelajari dan dalami, lalu tertanam di bawah sadar. Akhirnya, terstimulasi menjadi mimpi. Bahkan, saya sampai minta orang lain untuk memonitor saya ketika tidur, bila perlu pakai CCTV (tertawa).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat