kievskiy.org

Ke Bandung Yuk, Cobain Batagor Kekinian!

BAGI yang senang berburu kuliner di Kota Bandung, ­jangan lewatkan untuk jajan batagor. Tak sulit menemukan penjual batagor di Bandung. Mulai dari batagor khas jajanan anak sekolah hingga kelas premium.

Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Bakso tahu terdiri atas banyak jenis termasuk pare, kentang, hingga telur. Namun jenis utamanya adalah siomay dan tahu. Ciri utama bakso tahu adalah adonan tepung tapioka yang dicampur dengan ikan (umumnya tenggiri) dan kemudian dikukus.

Alkisah, ada seorang pria bernama Isan yang merantau dari Pekalongan ke Bandung pada 1960-an. Ia kemudian berjualan bakso tahu dengan pikulan di sekitar Jalan Situ Saeur, Bandung. Karena bakso tahu mudah basi jika tak habis terjual, Isan kemudian menggorengnya.

Lama-lama bakso tahu goreng buatan Isan ramai peminat. Hingga awal 1970-an, di Bandung dikenal batagor Isan yang tersohor.

Berikut tiga tempat kuliner batagor aneka kreasi yang bisa Anda coba jika berada di Bandung.

Batagor Braders, cita rasa oriental dan western

Kisah panjang Batagor Braders bermula dari Batagor Darto pada 1970-an. Masyarakat mungkin mengenalnya dari keturunan keduanya yang berjualan di area Simpang Dago. Batagor Darto dikenal dengan ciri khas siomay dan tahu yang empuk dan kenyal.

Kini, generasi ketiganya membuka usaha baru yang dinamai Batagor Braders. Pemiliknya adalah Inggita Savitri dan Hamzah Naufal yang merupakan cucu dari pemilik Batagor Darto.

Batagor Braders mengedepankan tagline Classic and Twist. Artinya, pengunjung bisa bernostalgia dengan batagor darto dengan memesan batagor klasik, atau memilih batagor twist dengan sentuhan dan cita rasa berbeda dan modern.

Agar santap batagor lebih kekinian, terdapat racikan lima varian saus, yakni korean honey, cheese lover, saus kacang, sambel hejo, dan batagor kuah. Saus kacang istimewa dengan kacang tanah yang digerus manual memberi kesan nutty dan segar. Terbiasa dengan nuansa khas Jawa, rasa saus kacang pun dibuat pedas manis. Cita rasa oriental muncul dari varian korean honey, yaitu batagor disajikan dengan saus madu barbeque ala kuliner Korea.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat