kievskiy.org

Ternyata Pukul Sebelas Setiap Senin, Waktu Paling Produktif

BAGAIMANA Anda mengisi hari-hari sebulan lalu? Sangat menyenangkan bila Anda tahu memanfaatkan waktu paling produktif dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang juga harus terus meningkatkan produktivitas agar bisa mengatasi banyaknya tugas yang menunggu.

Salah satu cara meningkatkan produktivitas adalah dengan mengetahui kapan waktu paling produktif. Ternyata ada waktu yang dianggap paling produktif di kalendar. Dilansir dari BBC, pukul sebelas pagi adalah waktu yang paling produktif dalam sehari. Orang-orang biasanya mengerjakan dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan mereka pada jam tersebut.

Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan plaform manajemen proyek, RedBooth, yang berbasis di California. Penelitian ini diterbitkan pada November lalu. Puncak kesibukan dan produktivitas para karyawan terjadi setiap hari Senin sebelum pukul sebelas pagi di bulan Oktober.

Data penelitian ini diperoleh dari ribuan pengguna layanan untuk merencanakan dan menjalankan pekerjaan mereka. Penelitian ini tentu tidak selamanya benar karena hanya dilakukan oleh beberapa ahli berdasarkan satu layanan saja.

Ritme sirkadian

“Temuan ini sejalan dengan temuan pada penelitian-penelitian terdahulu mengenai produktivitas dan energi manusia,” kata John Trougakos, seorang profesor perilaku organisasi dari University of Toronto di Kanada. “Menurut ritme sirkadian, sekitar 75 persen manusia paling sadar secara mental pada sekitar pukul 9 sampai 11 pagi,” katanya.

Ritme sirkadian ini adalah jam internal kita yang akan memberitahu tubuh kita kapan waktu untuk bangun, makan, tidur selama 24 jam yang kita lalui dalam sehari.

Jika aktivitas yang kita lakukan selaras dengan jam internal kita ini, maka kita akan memiliki produktivitas yang lebih tinggi dan rasa lelah yang lebih sedikit. Bahkan badan antariksa NASA pun telah menggunakan ritme ini untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas astronot mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat