kievskiy.org

5 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia

TINGGAL di kota yang bebas dari polusi adalah impian masyarakat dunia. Sejumlah warga di beberapa kota yang ada di berbagai belahan dunia cukup beruntung karena pemerintahnya menempatkan kelestarian lingkungan yang perhatian utama.

Berikut ini adalah kota-kota di dunia yang dinobatkan sebagai kota paling ramah lingkungan dan patut dicontoh, seperti dilansir BBC.
 

1. Vancouver, British Columbia

Dengan terus mengampanyekan green energy dan penggunaan hydropower, kota ini memiliki skor yang baik dalam hal emisi CO2 dan kualitas udara. Vancouver juga berjanji akan mengurangi emisi sebanyak 33% di tahun 2020.

Bagi seorang pemilik blog Green Briefs, Lorne Craig, Vancouver telah menjadi tuan rumah budaya green counter sejak tahun 1960-an, dan dikenal sebagai pelopor Greenpeace. “Dengan menara gunung di atas kota mengingatkan bahwa, kita adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan cantik,” tuturnya. 

Saat kota-kota lain tengah mementingkan pembangungan jalan raya, Vancouver tetap fokus pada kehidupan kotanya. Misalnya pengembangan Pulau Granville yakni pulau yang ramah pejalan kaki, dimana masyarakat bisa menikmati pasar umum dan studio seni.

Lingkungan lain pun dibuat seramah mungkin, misalnya pembuatan rute khusus sepeda di perkotaan. Pengendara sepeda dimudahkan dengan adanya rute tersebut, terutama West 10th.


 

2. Curitiba, Brazil

Kota yang terletak di selatan Brazil ini berhasil membangun sistem transportasi dan transit yang cepat pada 1960. Mereka juga telah mengembangkan program daur ulang terkemuka di dunia tahun 1980.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat