kievskiy.org

11 Cara Merawat Kulit dengan Perbaiki Cara Mandi Menurut Dermatologi

MANDI menjadi kegiatan pertama yang dilakukan untuk memulai hari agar tubuh terasa segar saat beraktivitas. Di pagi yang dingin,mandi menggunakan air panas menjadi pilihan bagi orang-orang, namun mandi menggunakan air panas rupanya tidak baik untuk kulit anda.

Menurut ahli kulit, terlalu sering menggunakan air panas akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Menurut ahli dermatologi, berikut adalah cara mandi yang baik bagi tubuh.

1. Jangan Mandi Terlalu Sering

Seberapa sering anda harus mandi, itu tergantung pada tingkat aktivitas anda. Jika anda tidak banyak memiliki aktivitas, anda dapat menguranginya menjadi beberapa kali dalam seminggu. Namun tentunya jangan dikurangi terlalu banyak hingga menyebabkan tubuh anda bau atau beresiko kulit terinfeksi.

Jika anda berolahraga dan mandi di pagi hari dan berolahraga lagi, anda tidak boleh mandi terlalu lama. “Terkadang, mungkin ada beberapa alasan untuk mandi dua kali sehari,” ujar Dr. Jessica Krant, ahli dermatologi, “tapi saat anda mandi dua kali sehari, itu seharusnya dilakukan dengan cepat.”

2.  Lakukan Dengan Cepat

Terkena air dapat menyebabkan kulit dan rambut kering. Mandi berlama-lama juga dapat “menyebabkan kerusakan yang lebih pada kulit dan rambut,” tambah Krant.

Ahli dermatologi Krant dan Dr. Lauren Ploch, keduanya mengatakan bahwa semakin cepat mandi dilakukan, semakin baik.

“Bagi orang yang mempunyai atopik dermatitis atau peradangan pada kulit, Saya menyarankan untuk mandi dan lakukan dengan cepat sekitar lima menit atau kurang,” ujar Ploch. “Saat mandi, biarkan air dari shower tetap menyala dan jangan berdiri dibawah air selama beberapa menit.”

3. Gunakan Air Biasa

Air panas akan menghilangkan minyak alami dan merusak kulit lebih cepat, jadi anda dapat menggunakan air hangat atau dingin untuk mandi.

“Beberapa orang menganjurkan air yang sangat dingin untuk memperlancar sirkulasi,” ujar Krant. “Selain menghindari suhu yang sangat panas, Saya sarankan gunakan suhu yang menurut anda terbaik.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat