kievskiy.org

4 Fakta Seputar Hari Hutan Internasional 21 Maret

PENARI dari Komunitas Seni Tari
PENARI dari Komunitas Seni Tari

HARI Hutan Internasional merupakan hari hutan sedunia yang mempromosikan pentingnya hutan dan pepohonan dalam kehidupan kita. Hari yang membicarakan isu-isu sentra seperti deforestasi dan pengembalian hutan ke fungsi aslinya.

Dicanangkan lewat resolusi Majelis Umum PBB pada tanggal 28 November 2012, Hari Hutan Internasional diperingati setiap 21 Maret. Setiap tahunnya, para aktifis lingkungan merayakan hari tersebut dengan berbagai acara demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya semua jenis hutan dan pohon diluar hutan, untuk kepentingan generasi saat ini dan masa depan. 

Tema Hari Hutan Internasional tahun 2018 ini adalah “Forest and Sustainable Cities”. Hari Hutan Internasional adalah peringatan sedunia bukan hari libur umum. Berikut fakta penting yang harus diketahui seputar Hari Hutan Internasional:

1. Latar Belakang Diadakannya Hari Hutan Internasional

Karena setiap tahun lebih dari 13 juta hektar wilayah hutan hilang, yang ukurannya hampir sebesar Inggris. Hutan memainkan peran penting dalam perubahan iklim termasuk pemanasan global. Deforestasi menghasilkan 12-18 persen emisi karbon dunia – hampir sama dengan semua CO2 dari sektor transportasi global. Sama pentingnya hutan yang sehat merupakan salah satu penyerap karbon primer di dunia

2.Tentang Hari Hutan internasional

Saat ini hutan mencakupi sekitar sepertiga dari daratan dunia. Sekitar 1,6 miliar orang termasuk lebih dari 2000 budaya pribumi, bergantung pada hutan untuk penghidupan mereka. Hutan sangat penting bagi planet ini karena berbagai alasan seperti: 

  • Menyediakan tempat berlindung bagi lebih dari setengah spesies hewan darat, tumbuhan dan serangga
  • Berkontribusi pada keseimbangan oksigen, karbon dioksida dan kelembaban di udara.
  • Melindungi daerah aliran sungai, yang memasok air segar ke sungai.

3. Perayaan Hari Hutan Internasional 

Merayakan hari hutan sedunia PBB bekerja dengan pemerintah, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum untuk mempromosikan kegiatan lokal dan global untuk Hari Hutan Internasional. Kegiatan tersebut meliputi:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat