kievskiy.org

Cumi Bakar Penggugah Selera

KITA sering kali menyantap cumi di waktu malam. Mungkin itu pula sebabnya, banyak penjaja kuliner seafood yang mulai berope­rasi di waktu petang hingga tengah malam. Nah, bagaimana jika cumi dijadikan menu makan siang atau bahkan sarapan?

Pemilik Cumi Squidmore, Vina Indriani (35), awalnya juga tak mengira bahwa ide tersebut akan disambut baik pemburu rasa. Namun, ketika ia menjajakan olahan cumi racikannya bersama suami, Rizal Gunawan (36), banyak orang antusias merespons. 

Kamis 19 April 2018 siang, tim Food@holic menemui Vina di sela-sela festival kuliner di Bandung Indah Plaza. Sehari-hari, ia menjajakan aneka kreasi olahan cumi, dari satu festival makanan ke festival makanan lain. Bukan hanya di Bandung, tetapi juga Ja­karta, Tangerang, dan berbagai kota lain. Untuk lebih memudah­kan mobilitas, mereka juga memiliki food truck

Hampir setiap akhir pekan, mereka juga menjajakan menu Cumi Squidmore di area car free day. "Mungkin aneh, ya. Cumi kan bia­sanya disantap malam-malam, nah ini pagi-pagi. Tapi ternyata orang suka, buktinya selalu ludes," ucap Vina, antusias. 

Di hari biasa, Vina menyebutkan angka 150 hingga 200 porsi cumi bisa ludes dalam sehari. Jumlah ini meningkat dua hingga tiga kali lipat di akhir pekan. Disebut Squidmore karena cumi yang dijajakan berukuran cukup besar. 

Camilan

Menurut dia, cumi tak hanya disantap sebagai lauk peneman nasi hangat. Berdasarkan pengalamannya ketika berjualan, orang justru banyak yang ingin melahap cumi sebagai camilan. Hal itu terbukti dari pemesan yang ingin menyantap cumi begitu saja tanpa nasi dan kentang. 

"Biasanya kami siapkan nasi dan kentang, tapi orang sepertinya lebih tertarik memesan cumi saja. Nah, sekarang trennya berubah lagi. Mereka juga senang memesan bersama pasta," katanya. 

Ada tiga jenis menu olahan cumi yang ditawarkan Cumi Squidmore yang berbasis di Jalan Cibaduyut Lama ini. Pertama, ada brown squid. Wujudnya adalah cumi goreng tepung dengan lelehan keju di bagian dalam. Menu yang satu ini biasanya disajikan ber­sama saus keju. Ada pula cumi crispy. Yang paling dijagokan, cumi bakar. 

Untuk menyantap cumi bakar, pengunjung bisa memilih me­nyantapnya secara utuh atau dipotong-potong terlebih dahulu. Namun, jika ingin lebih menggugah selera makan, jangan lupa me­nyantapnya secara utuh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat