kievskiy.org

Sepatu Ini Ternyata Dibuat dari Limbah Permen Karet

MENGUNYAH permen karet memang sangat menyenangkan bagi hampir setiap orang. Bisa jadi, mengunyah permen pun merupakan adalah kebiasaan bahkan hobi anda.

Tapi, tahukah Anda permen karet bekas kunyah bisa menjadi limbah? Oleh karena itu, untuk mengurangi limbah permen karet ini, organisasi pemasaran kota Amsterdam, desainer Explicit Wear, dan perusahaan Gumdrop berkolaborasi merancang sepatu dari permen karet daur ulang, seperti apakah rupanya?

Diberi nama Gumshoe, sol pada sepatu ini terbuat dari senyawa yang dapat di daur ulang atau dikenal juga sebagai Gum-Tec, diproduksi oleh Gumdrop, yang mengandug 20 persen senyawa permen karet.

Kepada The Verge, Anna Bullus direktur dan desainer di Gumdrop mengatakan, “Kami menemukan permen karet terbuat dari karet sintetis. Dan, dengan memanfaatkan properti ini, kami mampu menciptakan jenis karet baru,” katanya.

1,5 juta ton

Berdasarkan proyek, ada sekitar 1,5 juta ton limbah permen karet masuk ke trotoar Amsterdam setiap tahunnya, dan menghabiskan jutaan dolar untuk membersihkannya. Proyek ini merogoh biaya 1 kilogram permen karet untuk setiap empat pasang sepatu.

Bahan dasar sepatu ini adalah limbah permen karet yang dikumpulkan dari jalanan di Amsterdam. Senyawa Gum-Tec dicetak menjadi butiran dan kemudian dibentuk menjadi telapak sepatu, yang berbentuk peta kota.

“Kami  mulai mencari cara untuk menyadarkan orang-orang akan masalah ini. Saat itulah ide mulai menciptakan produk yang benar-benar diinginkan orang dari sesuatu yang diabaikan,” tutur Jonathan Van Loon, juru bicara kedua untuk kedua perusahaan.

Van Loon menambahkan, senyawa itu sama kuatnya dengan karet normal dan baunya. Yang dikuragi kekakuannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat