kievskiy.org

Melacak Jejak Silat Cikalong: Menuju Hulu Alirannya

MOBIL pengangkut rangka baja melintasi Jembatan Rajamandala di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Cianjur.*
MOBIL pengangkut rangka baja melintasi Jembatan Rajamandala di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Cianjur.*

Hari ke-12

-6.828492, 107.329411

 

SEJAK jauh-jauh hari sudah saya tekadkan melacak jejak pencak silat aliran Cikalong yang terkenal itu kelak sesampainya saya di Cianjur.

Pencak silat aliran Cikalong terkenal sejak masa kolonial. Akibat pamornya, nama aliran itu kini banyak dicatut oleh perguruan-perguruan silat di Tanah Air. Padahal, corak gerakan dan jurus yang para pencatut itu gunakan sudah bercampur dengan aliran pencak silat dan jenis bela diri lain sehingga luntur kemurniannya.

Logikanya, orisinalitas aliran pencak silat Cikalong tentu terjaga di tempat kelahirannya. Maka Cianjur adalah tempat yang tepat untuk melacak jejaknya.

Sebagai modal awal, data tentangnya harus terkumpul terlebih dahulu. Sangat sulit mendapatkan satupun informasi di dunia maya tentang lokasi padepokan pencak silat aliran Cikalong. Kebanyakan hanya berupa literatur tentang sejarahnya.

Satu-satunya keterangan yang didapat adalah satu perguruan yang beralamat di Jalan Siliwangi, Cianjur nomor 77. Informasi itu saya dapat dari rekan sesama wartawan. Berbekal data minimalis itu, saya berangkat ke Cianjur dari Padalarang menggunakan tumpangan angkot gratis hingga Rajamandala.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat