kievskiy.org

Cara Berwisata ke Geopark Ciletuh

PEMANDANGAN Pantai Palangpang yang merupakan bagian dari Geoperk Ciletuh dilihat dari Puncak Darma, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.*
PEMANDANGAN Pantai Palangpang yang merupakan bagian dari Geoperk Ciletuh dilihat dari Puncak Darma, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.*

DERETAN pohon kelapa memotong-motong merahnya matahari senja saat kami melaju melewati jalan berkelok di Kecamatan Agrabinta, Cianjur ke arah barat.

Tujuan perjalanan kami adalah Geopark Ciletuh yang berada di pesisir barat Kabupaten Sukabumi. Alih-alih melewati jalur Kota Sukabumi dan Jampang, rombongan yang bertolak dari Bandung memilih rute Ciwidey-Naringgul-Cidaun-Sindangbarang-Agrabinta-Ujunggenteng.

Rombongan terdiri atas jurnalis, blogger, dan agen perjalanan wisata dari sejumlah kota di Indonesia dan negara tetangga yang diboyong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat guna menggali lebih dalam potensi wisata Geopark Ciletuh.

Amphitheatre Alami Panenjoan

Butuh waktu sedikitnya 4 hari untuk bisa menikmati sebagian besar objek wisata di sana tanpa harus terburu-buru. Wisatawan bisa berkeliling ke sejumlah objek wisata seperti Panenjoan, Curug Sodong, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Pantai Palangpang, serta Pulau Kunti dan sejumlah pulau di sekitarnya seperti Pulau Mandre dan Pulau Badak.

Mengingat lokasi wisata di Geopark Ciletuh belum dikelola secara perofesional, tidak ada patokan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk bisa mengakses sejumlah tempat dengan pemandangan surgawi di sana. Semuanya bergantung pada negosiasi dengan warga lokal yang menawarkan berbagai akomodasi seperti transportasi dan penginapan.

Akan tertapi, berikut ini perkiraan rincian biayanya jika wisatawan memulai penjelajahan dari Ujunggenteng:

Penginapan: Rp 100.000-2000.000 per malam, kapasitas penginapan bisa menampung hingga sekitar 4-6 orang. Jika ingin berhemat, tidak ada salahnya bermalam di pantai dengan mendirikan tenda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat