kievskiy.org

Atasi Masalah Sampah, Pemda Gandeng Komunitas Motor

Puluhan anggota komunitas sepeda motor Ciamis mengikuti sosialisasi pengelolaan sampah yang digelar,  Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Ciamis, Rabu 7 Desember 2016. Puluhan komunitas sepedamotor digandeng untuk aktif menangani persoalan sampah.
Puluhan anggota komunitas sepeda motor Ciamis mengikuti sosialisasi pengelolaan sampah yang digelar, Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Ciamis, Rabu 7 Desember 2016. Puluhan komunitas sepedamotor digandeng untuk aktif menangani persoalan sampah.

CIAMIS,(PR).- Dinas Cipta Karya Kebersihan dan tata Ruang (DCKKTR) Kabuaten Ciamis menggandeng puluhan komunitas klub sepeda motor, mengatasi persoalan sampah perkotaan. Selain bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan tempat kumpul, mereka juga bakal dilibatkan penangan sampah di lokasi lain. "Kami sengaja merangkul mereka untuk ikut terlibat langsung menangani sampah. Salah satu alasannya, sebenarnya mereka juga peduli terhadap kebersihan tempat kumpul. Hanya ke depannya memang perlu lebih diarahkan, sehingga nantinya muncul kesadaran sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan," tutur Kepla Bidang Kebersihan dan pertamanan, DCKKTR Ciamis, Tonton Guntari, Rabu 7 Desember 2016. Dia mengemukakan itu usai memberikan wawasan pengelolaan sampah bagi puluhan anggota yang berasal dari 30 komunitas sepeda motor Ciamis. Tonton mengatakan persoalan sampah, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi juga seluruh elemen masyarakat. Hasil ngobrol bersama, lanjutnya, ada kesepakatan bersama seluruh komunitas untuk bertanggungjawab terhadap kebersihan tempat kumpul. Selain membersihkan sampah yang berserakan, mereka juga menyatakan kesiapannya terlibat dalam upaya kebersihan lingkungan. Selain memberikan bekal pengetahuan serta pemahaman penanganan sampah yang dilakukan di kantor DCKKTR, puluhan anggota komunitas sepedamotor tersebut juga dibawa langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Handapherang, Kecamatan Cijeungjing. Hal tersebut sekaligus mengenalkan secara langsung penanganan sampah di tempat tersebut. Sementara itu, Agus Dudung dan Iman, yang tergabung dalam Klub Jupiter Ciamis, menyambut baik gagasan DCKKTR. Selama ini, dia bersama anggota lainnya mengaku juga selalu membersihkan sampah di lingkungan tempat kumpul. "Kami mendukung gagasan tersebut. Selama ini kami juga rutin membersihkan lokasi sebelum meninggalkan tempat kumpul," tutur Agus.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat