kievskiy.org

Dua Persen Warga Ciamis Menderita Katarak

Petugas memeriksa kondisi mata warga saat berlangsungnya operasi katarak gratis di Puskesmas Cijeungjing, Kabupaten  Ciamis beberapa waktu lalu. Diperkirakan 2 persen dari 1,4 juta warga  Ciamis kena katarak.
Petugas memeriksa kondisi mata warga saat berlangsungnya operasi katarak gratis di Puskesmas Cijeungjing, Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu. Diperkirakan 2 persen dari 1,4 juta warga Ciamis kena katarak.

CIAMIS,(PR).- Jumlah penderita katarak di tatar galuh Ciamis masih tergolong tinggi. Setidaknya saat ini diperkirakan dua persen dari 1,4 juta penduduk Ciamis terkena katarak, atau kondisi lensa mata yang menjadi keruh. "Penderita katarak di Ciamis, termasuk tinggi. Berdasar penelitian, sekitar 10 persennya dipastikan penderita mengalami kebutaan. Sebagian besar penderita lensa yang menjadi keruh tersebut kalangan lanjut usia," tutur Kepala Dinas Kesehatan Ciamis , Engkan Iskandar. Dia menjelaskan, penderita katarak yang sampai mengalami kebutaan tersebut dikarenakan penangannya tidak baik. Engkan menambahkan sebagian besar penderita katarak, berasal dari golongan masyarakat tidak mampu. Selain kalangan lanjut usia, katarak juga dapat menyerang orang muda. Salah satu solusi umum mengatasi katarak adalah melalui operasi. Karena itu, Engkan menuturkan, pihaknya kerap melaksanakan operasi katarak gratis melalui kerjasama berbagai pihak. Sampai saat ini, setidaknya sudah 700 penderita katarak yang menjalani operasi gratis. Untuk penanganan operasi, pihaknya juga menggandeng instansi terkait, salah satunya adalah RS Cicendo. Adapun kegiatan operasi katarak terakhir yang digelar di Ciamis, dilakukan oleh Ikatan Alumni Unpad Cibandar. Kegiatan bakti sosial tersebut dipusatkan di Puskesmas Tambaksari, pada hari Selasa 6 Desember 2016 lalu. Sebanyak 169 warga Ciamis utara antri mengikuti operasi katarak gratis. Ketua Ikatan Alumni Unpad Cibandar, Soekiman berharap lebih banyak pihak lainnya yang peduli terhadap penderita katarak. Dengan demikian, semakin banyak warga penderita katarak yang dapat ditolong.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat