kievskiy.org

Ecovillage, Warga Desa Bendungan Panen Ikan Dari Selokan

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, melakukan panen ikan perdana dari selokan.*
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, melakukan panen ikan perdana dari selokan.*

BOGOR, (PR).- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, melakukan panen ikan perdana dari selokan. Selama setahun terakhir ini, selokan dimanfaatkan warga setempat sebagai sarana budidaya ikan.

Warga Kampung Naringgul Ciasin memang telah menerapkan budaya Eco-Village, atau prinsip desa berbudaya lingkungan. Mereka memanfaatkan selokan irigasi Ciasin yang mengalir membelah kampung tersebut, untuk budidaya ikan-ikan air tawar. Padahal sebelumnya, selokan tersebut dipenuhi sampah. Namun kini selokan tersebut memberikan manfaat bagi warga, dan juga keasriannya dapat dinikmati masyarakat sekitar.

"Kita kan gak menduga, di satu Desa seperti ini dimana bangunan sangat rapat-rapat, ada selokan kecil yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal yaitu dengan memelihara ikan. Ada ikan mas, ikan koi, saya kira ikan nila juga bisa disini," kata Deddy Mizwar, saat berkunjung ke Desa Bendungan Kabupaten Bogor, Selasa, 23 Mei 2017.

Dia mengatakan 'kerajinan tangan' masyarakat tersebut, bila dikembangkan lebih lanjut, dapat pula mendatangkan manfaat ekonomi. Keasrian desa bisa dikembangkan sebagai potensi wisata desa berbudaya lingkungan.

Sementara budidaya ikan yang dilakukan masyarakat bisa jadi modal mengembangkan kewirausahaan masyarakat salah satunya di bidang kuliner. Adapun berbagai potensi lainnya yang masih bisa digali.

Deddy mengaku kaget sekaligus bangga melihat upaya yang dilakukan masyarakat di desa tersebut. Karena itu, ia secara pribadi dan juga mewakili pemerintah provinsi Jawa Barat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan secara gotong-royong itu.

"Itulah contoh bagaimana kalau kita menjaga alam dengan baik, maka alam mendatangkan suatu keuntungan atau berbagai manfaat di kehidupan kita," ungkapnya.

"Kalau dikembangkan lagi, ini juga bisa jadi daerah wisata, bisa juga ada kuliner disini, serta berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat