kievskiy.org

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Alternatif Mudik Ditanami Pohon Pisang

Warga menanam pohon pisang di jalur alternatif mudik sebagai protes terhadap Pemkab Karawang yang tidak kunjung memperbaiki jalan tersebut. Pemkab akhirnya berjanji akan memperbaikinya, pekan depan.*
Warga menanam pohon pisang di jalur alternatif mudik sebagai protes terhadap Pemkab Karawang yang tidak kunjung memperbaiki jalan tersebut. Pemkab akhirnya berjanji akan memperbaikinya, pekan depan.*

KARAWANG, (PR).- Ruas jalan alternatif mudik, Johar-Cilamaya di Blok Lamaran, Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur ditanami pohon pisang. Hal tersebut dilakukan warga setempat sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap Pemerintah Kabupaten Karawang.

Selain menanam pohon pisang, warga juga memasang papan bertuliskan kalimat sindirian terhadap penguasa setempat. "Jalan ini dibiarkan rusak sejak musim hujan lalu. Hingga menjelang lebaran, belum ada tanda-tanda akan diperbaiki," ujar Edi, salah seorang warga setempat, saat dihubungi Kamis 1 Juni 2017.

Oleh karena itu, lanjut Edi, warga terpaksa menanam pohon pisang untuk mengingatkan pemerintah bahwa jalan itu perlu diperbaiki. Apalagi lebaran akan segera tiba. Biasanya banyak pemudik bermotor yang melintasi jalur tersebut.

Menurut Edi, jalan di Lamaran mengalami kerusakan parah dengan kontur jalan bergelombang dan banyak terdapat lubang yang cukup dalam. Selama ini, beberapa pengguna jalan telah menjadi korban karena kendaraannya terpelanting saat menerjang jalan tersebut.

Kondisi parah

"Sering terjadi kecelakaan di sini, mulai dari tabrakan karena menghindari lubang, terjatuh karena ban menginjak lubang, atau terpeleset karena banyak kerikil dari aspal jalan yang mengelupas," kata Edi.

Selain itu, lanjut dia, kurangnya penerangan jalan umum (PJU) memperparah kondisi di lokasi tersebut. "Penanaman pohon pisang ini selain untuk mengingatkan pemerintah, juga sebagai tanda bahaya untuk pengguna jalan agar berhati-hati," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamakhsyari meminta masyarakat bersabar. Ia berjanji, Pemkab Karawang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan memperbaiki jalan itu, pekan depan.

"Saya menyampaikan dengan hormat bahwa jalan tersebut insya Allah tujuh hari lagi dikerjakan. Mohon maaf untuk semua masyarakat pengguna jalan Lamaran," kata Jimmy melalui pesan singkatnya kepada PR.

Diperbaiki sebelum lebaran

Di tempat terpiasah, Kepala Dinas PUPR Karawang, Acep Jamhuri, memastikan perbaikan jalan Johar-Cilamaya segera diperbaiki. Bahkan dia menjanjikan perbaikan akan selesai paling lambat 10 hari sebelum Idulfitri tiba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat