kievskiy.org

24 Guru Purwakarta Ikut Program Magang ke Australia

PURWAKARTA, (PR).- Sebanyak 24 guru SD dan SMP di Purwakarta segera diberangkatkan ke Adelaide, Australia. Mereka mengikuti program Teacher Professional Development Training 2017. Program itu merupakan program magang bagi para guru di sekolah Australia.

Sekretaris Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto menyatakan seleksi sudah dilakukan. "Jadi para peserta magang ini sudah sebulan terakhir diseleksi. Akhirnya sejumlah guru yang mem‎enuhi syarat dinyatakan lolos," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 2 Juni 2017.

Menurut Purwanto, hasil seleksi menunjukkan seanyak 24 guru dinyatakan lolos. "Mereka gabungan dari pengajar tingkat SD dan SMP. Lalu mereka yang lolos ini sekarang sedang melakukan persiapan untuk keberangkatan nanti," ucapnya.

Purwanto menambahkan, para guru itu akan menjalani magang di sejumlah sekolah pemerintah di Adelaide. Para guru akan memantau bagaimana cara mengajar siswa. Tak hanya itu, mereka juga belajar cara berkomunikasi antara guru dengan siswa.

"Jadi mereka akan berada di Adelaide selama 21 hari. Mereka magang di sekolah, tidur di home stay," ujarnya.

Ia menjelaskan, program ini bukan kali pertama diadakan. Tahun lalu, sejumlah guru juga sudah diberangkatkan ke Australia. Soalnya, Pemprov Jabar sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah Adelaide.

"Tahun lalu juga ada. Anggaran yang digunakan sekitar Rp 1,4 miliar," kata Purwanto.

Ia berharap, melalui program ini metode pengajaran pada siswa bisa lebih baik. Purwanto juga berharap, program ini akan memberi banyak dampak positif bagi pendidikan di Purwakarta.

"Studi banding selama 21 hari tersebut, diharapkan juga nantinya langsung diimplementasikan di Purwakarta‎," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat