kievskiy.org

Bayi yang Lahir di Jalan Tol Cipali Catat Sejarah Kedokteran

BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi bersama Kasatlantas Polres Purwakarta Armand Sahti saat mengunjui Sugiati di RS Siloam Purwakarta pada Senin 3 Juli 2017 lalu.*
BUPATI Purwakarta Dedi Mulyadi bersama Kasatlantas Polres Purwakarta Armand Sahti saat mengunjui Sugiati di RS Siloam Purwakarta pada Senin 3 Juli 2017 lalu.*

PURWAKARTA, (PR).- Bhayangkariwati Ramadniya, bayi perempuan ini sempat mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena dilahirkan mendadak di pinggir jalan Tol Cipali saat arus balik mudik Lebaran. Bayi itu kini sudah berada di tengah keluarganya dalam keadaaan sehat dan bugar. Peristiwa kelahirannya menjadi catatan sejarah dalam dunia kedokteran.

Menurut dr. Lidya, dokter jaga Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Siloam, Purwakarta, proses kelahiran di pinggir jalan tol adalah hal yang tidak normal dan sangat berisiko. Namun, dengan kerja sama berbagai pihak serta kemauan yang kuat dari sang ibu, hal terburuk dapat dilewati dengan baik.

"Tentu ini pengalaman yang sangat berharga dapat menangani kedatangan bayi yang lahir di jalan tol juga menangani sang ibu," papar Lidya. Seperti disebut dalam keterangan pers, Minggu 9 Juli 2017, ia adalah dokter yang pertama kali menangani proses kelahiran itu di rumah sakit.

Lidya menyatakan takjub saat kedatangan bayi yang dibopong Kasatlantas Purwakarta, AKP Arman Sahti. "Saat bertugas jaga siang itu, ada bayi yang dikatakan lahir di pinggir jalan tol datang dibopong polisi. Lalu, saya memeriksanya segera. Tali pusarnya masih menempel di plasenta dan bayi dalam kondisi normal," katanya.

"Setelah saya observasi dan beri rangsangan agar bayi aktif ada napas dan menangis, kemudian bayi diberi kehangatan diletakkan di infanteri warmer lalu tali pusar saya potong dan kami beri suntik Hepatitis B, Vitamin K, dan beri obat tetes mata bagi sang bayi. Sang Ibu pun dalam kondisi normal, tidak ada pendarahan dan sehat saat tiba di UGD," papar Lidya.

Lidya mengaku, hal ini tentu merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya dapat menangani kedatangan bayi yang lahir di jalan tol juga menangani sang ibu. Apalagi, kini dalam kondisi sehat.

Tak ada biaya

Dokter lainnya, Marcel selaku dokter umum jaga rawat pun menyatakan bayi dan ibu dalam kondisi sehat. "Kami selalu periksa ulang secara kontinyu. Ibu dan bayi senantiasa sehat dan tidak ada keluhan. Kami turut bahagia dapat berperan dalam membantu ibu Sugiati yang melahirkan bayi Bhayangkariwati di pinggir jalan tol. Ini sungguh luar biasa," tutur Marcela.

Sarno mewakili Dana dan Sugiati, orangtua bayi, menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih atas bantuan dari semua pihak kepada istri dan anaknya. "Alhamdulillah, bayi dan ibunya sehat. Minum ASI lancar dan si ibu kembali normal beraktivitas, mengasuh bayinya dan kadang bekerja membantu saya memilah sampah sampah plastik," ungkapnya.

"Kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua warga yang membantu proses persalinan saudari kami ini. Terutama kepada pihak kepolisian yang sangat tanggap dalam evakuasi dan para dokter Siloam Purwakarta yang sangat cepat mengatasi proses perawatan," tutur Sarno yang berdomisili di Ciledug Tangerang. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat