kievskiy.org

Bendera Raksasa Dikibarkan di Puncak di Ciremai

BENDERA sepanjang 1 kilometer dikibarkan di puncak Ciremai Kamis 17 Agustus 2017. Bendera dikibarkan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.*
BENDERA sepanjang 1 kilometer dikibarkan di puncak Ciremai Kamis 17 Agustus 2017. Bendera dikibarkan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.*

Luar biasa. Sesuai rencana, bendera merah putih sepanjang 1.000 meter berhasil dikibarkan membentang mengikuti alur hampir separuh keliling bibir kawah puncak Gunung Ciremai, Kamis 17 Agustus 2017 pagi.

Bendera raksasa lebar sekitar 1,5 meter sepanjang 1 kilometer itu, pagi itu mulai dibentang dan dikibarkan sekitar pukul 9.00, dengan lama pengibaran sekitar 15 menit. Selama itu bendera tersebut dipertahankan membentang menahan tiupan angin cukup kencang tanpa tiang dalam pegangan kuat ratusan pendaki.

Pengibaran bendera panjang persembahan kelompok pencinta alam Kaldera dari Sekolah Menengah Negeri 1 Arjawinangun, Kabupaten Cirebon itu, mengambil tempat di sepanjang bibir atas kawah puncak timur hingga barat daya Ciremai. Tepatnya mulai dari sebelah selatan puncak jalur pendakian Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, hingga puncak jalur pendakian Dusun Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Selama bendara itu terkibar, pekik teriakan “merdeka” pun terus berulang-ulang dilontarkan para pendaki yang turut memeganginya. Tak luput juga disertai aksi berswafoto silih berganti di antara mereka.

Ciremai

Sementara itu, panjang garis keliling bibir kawah puncak gunung berapi tertinggi di Jawa Barat, terukur sementara dalam google earth mencapai sekitar 2,4 Km. Sekeliling bibir kawah di puncak gunung berketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut itu, sebagian besar di antaanya terutama di bagian timur, utara, sampai barat, dipenuhi medan terjal, sempit nyaris tanpa pelataran puncak,  menghadapi tebing kawah yang curam.

Dengan pertimbangan kondisi medan di puncak Ciremai itu pula, penyelenggara dari Kaldera didukung ratusan pendaki momentum hari ulang tahun ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia, memilih lokasi pengibaran bendera sepanjang itu pada bagian garis keliling puncak Ciremai tersebut tadi. Terlebih lokasi yang dijadikan tempat pengibaran itu, merupakan bagian alur puncak muara para pendaki Ciremai dai empat jalur pendakian resmi yang ada.

Sebagaimana diberitakan “PR”, bendera sepanjang satu kilo meter itu, diusung menuju puncak Ciremai oleh tim inti pengibar dari Kaldera pada Selasa 15 Agustus 2017. Melalui jalur pendakian Desa Linggasana, Cilimus, Kuningan. Bendera sepanjang itu, dibagi dalam 15 potong dengan ukuran setiap potongnya berkisar 70 meter.

Pengibaran bendera merah putih super panjang di puncakGunung Ciremai kali ini digelar Kaldera untuk yang ketiga kalinya dalam rangka memperingati HUT ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya, Kaldera mengibarkan bendera sepanjang 300 meter pada 17 Agustus 2014 dan 500 meter di tahun 2015.

Pengibaran bendera terpanjang dalam sejarah di puncak gunung tertinggi di Jawa Barat, Kamis 17 Agustus 2017 juga turut disaksikan ribuan pendaki pemburu momentum 17 agustusan di puncak gunung dari empat jalur pendakian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat