kievskiy.org

Wisata Jabar Selatan Minim 'Display' Budaya

Geyser Cisolok.
Geyser Cisolok.

PALABUHANRATU, (PR).- Wisata Jawa Barat terutama kawasan Jawa Barat Selatan minim display budaya. Hal ini yang membuat wisata pantai di kawasan tersebut masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan daerah wisata pantai yang unggul seperti Bali.

Seperti diketahui, kawasan Jawa Barat Selatan memiliki potensi wisata pantai yang sangat kaya. Namun potensi wisata tersebut kurang mampu mendongkrak ekonomi warga sekitarnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai wisata Jawa Barat seharusnya bisa berkaca dari kesuksesan dunia pariwisata Bali. Setidaknya menurut dia terdapat dua hal yang bisa ditiru dari Bali untuk diterapkan di kawasan wisata Jawa Barat.

"Pertama adalah pengelolaan potensi keindahan alamnya, yang kedua adalah bagaimana orang-orang bali mampu menjual nilai-nilai budaya mereka sebagai wisata. Karena keindahan alam saja tidak cukup, tapi harus ada nilai lainnya yang mampu menarik sehingga berpengaruh ke nilai ekonominya," ujarnya ketika ditemui di sela-sela berwisata di Pantai Citepus, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 September 2017.

Ridwan Kamil menuturkan, budaya adalah sebuah kekuatan bagi daerah untuk menonjolkan keunggulan wisatanya. Namun, tentunya juga diperlukan pengemasan yang khas dan menarik.

"Sangat tergantung pada kemauan kepala daerah untuk mengembangkan hal tersebut," ujarnya.

Air panas Cisolok

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil juga mengunjungi Geyser Cisolok yang termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. Geyser Cisolok merupakan satu-satunya sumber air panas di Indonesia yang berbentuk semburan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat