kievskiy.org

Jalan Siliwangi Kuningan Akan Ditata ala Malioboro

Jalan Siliwangi, Kuningan, depan deret barat pertokoan akan ditata ala Malioboro.
Jalan Siliwangi, Kuningan, depan deret barat pertokoan akan ditata ala Malioboro.

KUNINGAN, (PR).- Jalur terbuka hijau sepanjang lebih kurang 200 meter berisi tanaman bunga dan pepohonan pemisah dua lajur jalan depan deretan pertokoan di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan, kini mulai dibongkar. Bagian Jalan Siliwangi sepanjang itu direncanakan pemerintah daerah setempat akan diubah menjadi satu lajur jalan satu arah dan pingir jalan di depan deretan pertokoan sebelah baratnya akan ditata menyerupai Jalan Malioboro di Yogyakarta.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuningan M. Ridwan Setiawan, menyebutkan bekas jalur hijau pemisah dua lajur jalan itu akan dijadikan bagian badan jalan satu lajur. Kemudian trotoar depan deretan pertokoan sebelah barat bagian jalan tersebut yang kini hanya memiliki lebar sekitar 1,5 meter akan diperlebar menjadi sekitar 3,5 meter.

“Antara trotoar lebar dengan badan jalan satu lajur itu, akan dibatasi dengan jalur ruang terbuka hijau atau alur taman selebar 80 centi meter. Dan, trotoar di belaknga jalur hijau itu akan dinaungi atap spandek,  ya mirip-mirip di jalan Malioboro Yogyakarta,” ujarnya, seraya menyebutkan pada trotoar lebar beratap itu juga ajan disediakan lahan untuk pedagang kaki lima tertata rapih.

Penataan bagian jalan di pusat kota Kabupaten Kuningan itu, tuturnya, intinya dilakukan dalam rangka penataan kota Kuningan, dan sudah melaui pertimbangan dari berbagai aspek. “Dengan penataan seperti direncakan, diharpakan aspek ketertiban, keindahan kota Kuningan khususnya di sekitar itu akan meningkat. Para pedagang kali lima maupun pejalan kaki di sana akan lebih nyaman, dan lalulintas serta penataan parkir mobil di sepanjang jalan itu akan lebih tertib,” ujarnya.

Ditanya mengenai penataan parkir kendaraan setelah projek itu selesai, Ridwan Setiawan, menyebutkan tempat parkir di bagian ruas jalan Siliwangi itu tetap hanya untuk mobil kecil. Rencana Dinas Perhubungan Kuningan, parkir mobil di sisi jalan sebelah barat akan  diatur hanya satu deret tidak mengahdap toko tetapi hanay menepi dalam posisi searah jalan. “Sedangkan parkir mobil di sisi timur tetap seperti sekarang posisinya menghadap toko atau trotoar,” katanya.***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat