kievskiy.org

Atasi Kerusakan Gempa, Uu Ajukan Dana Bantuan ke Pemprov dan Pusat

SALAH seorang warga Kampung Karangjaya, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, membersihkan material  rumah yang hancur akibat gempa, Minggu 17 Desember 2017. Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis sebanyak 2.935 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Jawa bagian selatan.*
SALAH seorang warga Kampung Karangjaya, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, membersihkan material rumah yang hancur akibat gempa, Minggu 17 Desember 2017. Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis sebanyak 2.935 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Jawa bagian selatan.*

TASIKMALAYA, (PR).- Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, segera mengusulkan dana kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pusat untuk memperbaiki daerah terdampak bencana gempa bumi berkekuatan 6.9 skala richter di Barat Daya Tasikmalaya yang terjadi pada Jumat 15 Desember 2017.

"Saat ini masih memverifikasi, nantinya bakal diajukan ke pemrov dan pusat," kata Uu kepada wartawan di Tasikmalaya, Selasa 19 Desember 2017.

Ia menuturkan, bencana alam gempa yang berlokasi di Laut Barat Daya Tasikmalaya telah menimbulkan kerusakan bangunan rumah penduduk, fasilitas umum dan kantor pemerintahan.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kata dia, saat ini masih terus menghitung jumlah bangunan termasuk warga yang terdampak gempa bumi tersebut.

"Sekarang sedang menginventarisir kerusakan dan kerugian akibat bencana gempa bumi kemarin," katanya.

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya mengharapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat dalam menanggulangi daerah terdampak gempa.

Pemerintah daerah, kata, dia, tidak akan mampu jika hanya mengandalkan dana dari Biaya Tidak Terduga (BTT) yang besarannya tidak akan mampu mengatasi semua kerusakan bangunan.

"Sebab dana yang kita miliki saat ini sangat terbatas," katanya seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan anggaran BTT tahun 2017 sebesar Rp7 miliar, namun dana tersebut sebagian sudah terpakai, kini tersisa hanya Rp400 juta.***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat